Senin, 20 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Hunian dengan Konsep Rumah Tumbuh Diminati Konsumen

15 Mei 2019, 09: 17: 38 WIB | editor : Wijayanto

PENGEMBANGAN: Pembangunan perumahan dengan konsep rumah tumbuh diminati oleh masyarakat Gresik.

PENGEMBANGAN: Pembangunan perumahan dengan konsep rumah tumbuh diminati oleh masyarakat Gresik. (DOK/RADAR GRESIK)

GRESIK - Konsep rumah tumbuh atau hunian yang dapat dimodifikasi dan diperluas secara bertahap sesuai kebutuhan banyak dibangun pengembang. Hal ini menjadi opsi yang sangat ideal bagi konsumen yang ingin terus membangun rumahnya sesuai dengan yang diinginkan.

Ketua Real Estate Indonesia (REI) Gresik, Iqbal Randy mengatakan, konsep rumah tumbuh secara sederhana adalah konsep pembangunan rumah yang masih menyisakan ruang untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penghuni di masa yang akan datang.

“Konsep rumah ini banyak dijumpai di wilayah pinggiran kota seperti Cerme, yang notabene lahannya masih banyak,” kata dia.

Dikatakan, sejumlah pengembang mencantumkan keterangan rumah tumbuh pada properti yang ditawarkan. Pengembang menyediakan pondasi yang bisa dibangun menjadi tiga lantai. Karena perumahan ini didesain untuk menahan bangunan hingga tiga lantai yang kokoh. 

“Sehingga, pada pondasi rumah dipasang beton bertulang dengan kolom-kolom ganda,” katanya.

Oleh karena itu, kata Iqbal, pengembang yang menawarkan rumah tumbuh biasanya menawarkan unit dengan bangunan yang tidak terlalu besar namun lahan yang luas. 

“Harga rumah pun bisa ditekan. Rumah dengan konsep ini cocok untuk pembeli rumah pertama (first time buyer), keluarga muda, atau mereka yang belum berkeluarga. Konsumen jenis ini tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas,” imbuhnya.

Marketing Eksekutif Cerme Residence, Amalia mengungkapkan, konsep hunian rumah tumbuh kini banyak dikembangkan sejumlah pengembang di Gresik.

Melalui konsep ini, pemilik bisa membangun sendiri ruang-ruang tambahan, seperti kamar tidur dan ruang lain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi.

“Konsep rumah tumbuh dibagi menjadi dua, vertikal dan horizontal. Tipe horizontal dipilih jika punya lahan cukup luas sedangkan untuk vertikal memerlukan perencanaan yang lebih cermat dengan mempertimbangkan struktur dan pondasi bangunan. Ink yang banyak dikembangkan oleh pengembang di Gresik,” tandasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia