Senin, 20 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Kemenkeu Minta RSUD Barat Segera Dibangun, Tapi Dewan Tolak KPBU

14 Mei 2019, 16: 38: 42 WIB | editor : Wijayanto

Kemenkeu Minta RSUD Barat Segera Dibangun, Tapi Dewan Tolak KPBU

SIDOARJO - Pembangunan RSUD Barat yang tidak kunjung berjalan mendapatkan sorotan dari pemerintah pusat. Pemkab mendapatkan teguran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, pembahasan pembangunan RSUD Barat tak kunjung tuntas. Pemkab dan dewan belum bersepakat terkait sistem pembangunan.

Pemkab diminta segera membangun RSUD Barat dengan sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sebab Sidoarjo sudah dipercaya menjalankan KPBU.

Dalam pembahasan APBD 2019 sistem KPBU ditolak DPRD Sidoarjo. Dewan menghendaki rumah sakit dibangun dengan dana APBD. Namun, di akhir tahun lalu pemkab kembali mengajukan sistem bentukan Kemenkeu tersebut. "Hingga kini belum ada pembahasan," katanya. Untuk itu, Saiful mendesak KPBU harus segera berjalan. Dia meminta pembahasan pembangunan RSUD Barat di DPRD dipercepat.

Permintaan bupati itu mendapatkan tanggapan dewan. Fraksi PKB siap mendukung langkah pemkab. Anggota Fraksi PKB Dhamroni Chludori menjelaskan pola KPBU bisa digunakan. Sebab tujuannya mempercepat dan mempermudah pembangunan RSUD Sidoarjo Barat.

Dia menjelaskan, RSUD Barat harus segera terwujud. Pemkab hanya memiliki waktu dua tahun. Menurut dia, skema KPBU merupakan yang paling tepat. Karena seluruh kebutuhan pembangunan tercukupi. "Sistem yang paling cepat itu yang kami pakai," jelasnya. Agar KPBU bisa diterima seluruh fraksi, PKB bakal melobi seluruh fraksi. Dhamroni berharap pengajuan itu mendapatkan dukungan. Yang paling penting segera terbangun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Taufik Hidayat Tri Yudono mengatakan pembahasan RSUD Barat sudah tuntas. Pasalnya dewan dan pemkab sudah bersepakat memakai APBD. "Jalankan dulu kesepakatan," ucap Politikus PDIP itu. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia