Senin, 20 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Upaya Desa Hulaan Sejahterakan Warga

Perkuat Sentra Lontong dan Kecambah, Bangun Fasilitas Desa

30 April 2019, 16: 47: 08 WIB | editor : Wijayanto

MAKIN MAJU: Warga Hulaan Priyandono dan Kades Hulaan Said saat meninjau sentra UKM Kecambah.

MAKIN MAJU: Warga Hulaan Priyandono dan Kades Hulaan Said saat meninjau sentra UKM Kecambah. (MASFARDIAN/RADAR GRESIK)

GRESIK - Pemerintah Desa (Pemdes) Hulaan, Kecamatan Menganti terus berupaya mensejahterakan masyarakat. Salah satunya dengan memperkuat sentra lontong dan kecambah yang sudah lama ada di desa tersebut. Selain itu, Pemdes juga terus membangun berbagai fasilitas, mulai jalan hingga irigasi.

Berkat kerjasama yang baik antara pemdes dan warga, kini sentra usaha lontong dan kecambah warga semakin berkembang pesat. Peminatnya tidak hanya dari Gresik saja, tetapi sudah merambah hingga ke kota tetangga. Mulai Surabaya, Sidoarjo, Hingga Mojokerto.

Kepala Desa Hulaan Haji Sa’id mengatakan di RT 15/RW 7, semua warganya memiliki usaha pembuatan lontong. “Dan itu sudah lama ada, kini jadi usaha mandiri,” ujarnya. 

Menurut dia, tingginya permintaan setiap produsen perhari bisa memproduksi 40 hingga 150 kilogram lontong. Sedangkan untuk kecambah setiap hari bisa menghasilkan 300 kilogram. “Untuk pemasarannya, mulai pasar Gresik, Pasar Keputran dan Mangga Dua Surabaya, hingga Sidoarjo dan Mojokerto,” ungkap dia.

Dikatakan, pemdes sebenarnya hanya memfasilitasi masyarakat untuk terus mengembangkan usahanya. Termasuk, melalui pinjaman modal. “Ke depan pihaknya berharap bisa bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), untuk memberikan bimbingan kepada UMKM agar usahanya semakin berkembang pesat,” terang dia.

Hal senada disampaikan Ketua BPD Hulaan, Mohammad Sahlil. Pria yang juga memiliki usaha kecambah ini mengatakan usahanya kini semakin lancar. Dulu kendala utamanya hanya persoalan pasokan air. “Tetapi kini sudah teratasi, karena desa sudah membangunkan embung. Saya  harap ada perhatian pemerintah kabupaten untuk menambah suplai air bersih,” kata dia.

Ditambahkan, kinerja pemdes sendiri sangat baik. Berbagai pembangunan terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mulai dari pembangunan jalan desa, saluran irigasi hingga pembangunan gapura. Bahkan, kini ada pasar dadakan yang hampir setiap hari ada diperempatan desa. “Ini semua berkat kerja keras bapak kepala desa yang telah menjabat selama dua periode,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia