Minggu, 19 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Disidang karena Pakai Ganja, Berdalih untuk Obat

20 April 2019, 23: 06: 34 WIB | editor : Wijayanto

PASRAH: Terdakwa Riki Wahyudi usai jalani sidang di PN Gresik.

PASRAH: Terdakwa Riki Wahyudi usai jalani sidang di PN Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

GRESIK - Ada-ada saja ulah pecandu narkoba untuk berkelit dari jeratan hukum. Seperti yang dilakukan Riki Wahyudi alias Duro, 19. Terdakwa ini merasa tidak bersalah karena menggunakan ganja.

"Saya hisap ganja untuk obat agar nafsu makan saya bertambah, sementara saya berikan ke teman. Sebab, teman saya yang memesannya. Bener Bu ini untuk obat," kata Warga Dusun Karanganyar RT 02 RW 02 Desa Bodang Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang.

Jawaban itu membuat pengunjung sidang di Pengadilan Negeri (PN) Gresik tertawa kecut. Namun demikian majelis hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyiapkan tuntutan pekan depan.

Majelis Hakim yang diketuai Lia Herawati, tidak menerima keterangan terdakwa. "Ngawur itu, ganja itu sangat dilarang dan merusak badan. Kamu bikin aturan sendiri itu," tegas Lia saat sidang di pengadilan negeri Gresik

JPU Aditya Budi sebelumnya mendakwa Riki Wahyudi melanggar Pasal 114 ayat (1) UU 35/2009 Tentang Narkotika. Terdakwa menawarkan untuk dijual, menjual, membeli,menerima, menjadi perjual beli, manukar atau menyerahkan Narkotika Gol 1. Terdakwa ditangkap di depan Pos Perumahan Kota Damai, kecamatan Kedamean.

Barang bukti terdakwa masing-masing narkotika golongan 1 tanaman jenis ganja dengan berat timbang 1,65 gram berikut bungkusnya. Majelis hakim kemudian menutup sidang dengan mengagendakan tuntutan pekan depan. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia