Kamis, 25 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dibuka Umum, Paku Jalan Jembatan Sembayat Malah Banyak yang Hilang

15 April 2019, 17: 09: 23 WIB | editor : Wijayanto

BERTAMBAH BANYAK: Jumlah paku jalan di atas Jembatan Sembayat II yang hilang semakin banyak setelah dibuka untuk umum.

BERTAMBAH BANYAK: Jumlah paku jalan di atas Jembatan Sembayat II yang hilang semakin banyak setelah dibuka untuk umum. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

GRESIK – Setelah dibuka untuk umum beberapa waktu yang lalu, kasus pencurian paku jalan di atas Jembatan Sembayat II kian marak. Kemarin, jumlah paku jalan yang hilang sudah mencapai puluhan. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jatim mengaku sudah mengetahui kejadian tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ruas Surabaya-Gresik-Sadang BBPJN VIII, Merlan Efendi mengaku sangat kecewa dengan ulah masyarakat yang tidak bertanggungjawab dengan mencuri puluhan paku jalan. “Kami sangat kecewa dengan kejadian ini,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, aksi pencurian paku jalan tersebut sangat membahayakan pengendara yang melintas di atas jembatan. Sebab, paku tersebut sebagai pembatas antara pengendara di sisi kanan dan pengendara di sisi kiri. “Pelakunya ini apa tidak kasihan dengan pengendara yang melintas. Kalau mengalami kecelakaan bagaimana,” terang dia.

Dikatakan, pihaknya menaruh kecurigaan cukup besar terhadap orang sekitar jembatan tersebut. Namun, pihaknya tidak mau membawa kasus ini ke ranah hukum. “Ini jembatan digunakan oleh orang banyak. Makanya kami minta masyarakat lain juga ikut mengawasi. Kalau mengetahui ada yang melakukan pencurian kami minta agar ditegur,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya akan tetap meminta kontraktor untuk mengganti paku-paku yang hilang. Tapi kalau nanti hilang lagi, pihaknya akan membiarkan hal tersebut. “Kami biarkan saja. Tidak usah paku pembatas,” imbuhnya.

Pengamatan di lapangan, jumlah paku jalan yang hilang terus bertambah sejak beberapa pekan lalu. Awalnya, jumlah paku jalan yang dicuri sebanyak 19 buah. Namun kemarin, jumlahnya sudah mencapai 30 buah. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia