Kamis, 25 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Penjualan Mobkas Diprediksi Bakal Bakal Ramai Saat Puasa

15 April 2019, 16: 51: 50 WIB | editor : Wijayanto

BEKAS: Kegiatan penjualan mobil bekas yang diprakarsai salahsatu perbankan di Gresik.

BEKAS: Kegiatan penjualan mobil bekas yang diprakarsai salahsatu perbankan di Gresik. (DOK/RADAR GRESIK)

GRESIK - Pembiayaan mobil diprediksi meningkat menjelang puasa mendatang. Tak hanya mobil baru, pembiayaan mobil bekas juga tumbuh. Branch Manager BCA Finance, Nico Teguh mencatat kenaikan pembiayaan mobil bekas sebesar 10 persen pada momen ramadan tahun lalu dibandingkan bulan biasa.

“Saat bulan puasa rata-rata kredit yang tersalurkan mencapai Rp 80 miliar. Naik sekitar 10 persen dibandingkan bulan biasa yang hanya berkisar Rp 60 miliar sampai Rp 70 miliar,” ujarnya.

Dijelaskan, pertumbuhan pembiayaan ditopang kondisi pasar yang mendukung. Dalam menyalurkan pembiayaan mobil bekas, BCA Finance lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas.

Maklum, kata dia, risiko pembiayaan segmen ini lebih tinggi ketimbang pembiayaan mobil baru. "Untuk strategi tidak ada yang spesial, lebih karena pasarnya naik dan setiap tahun penjualan meningkat di bulan puasa," ujar dia.

Hal yang sama disampaikan, Manager IT dan Keuangan BFI Finance Gresik, Hari Andrianto. Dia mengungkapkan, pertumbuhan kredit BFI melaju dua bulan menjelang Lebaran atau pada bulan Maret ini. Hingga Triwulan I/2019, porsi pembiayaan mobil bekas menyumbang 72 persen total kredit. Sedangkan sisanya dari pembiayaan motor dan alat berat atau pertanian.

“Sampai tiga bulan pertama tahun ini ini pembiayaan yang sudah disalurkan mencapai Rp 200 miliar atau naik 30 persen dibandingkan periode sama sebelumnya,” tandasnya.

Dia menjelaskan, faktor pendukung kenaikan pembiayaan tersebut antara lain ekonomi masyarakat Gresik yang bertumbuh lumayan.  "Dari sisi kualitas aset dan kredit masih terjaga dengan baik," tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia