Kamis, 25 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Wayang Kulit Meriahkan Purna Siswa Kelas XII SMK YPM 7 Tarik

15 April 2019, 07: 20: 43 WIB | editor : Wijayanto

DALANG ABG: Kepala SMK YPM 7 Tarik, Drs. Sukendro Syahlil, MM (kiri) bersama siswanya yang seorang dalang Ki Aldo Mukti Wibowo.

DALANG ABG: Kepala SMK YPM 7 Tarik, Drs. Sukendro Syahlil, MM (kiri) bersama siswanya yang seorang dalang Ki Aldo Mukti Wibowo. (ISTIMEWA)

SIDOARJO – SMK YPM 7 Tarik mengadakan pagelaran wayang kulit di halaman sekolah, Sabtu (13/4). Pagelaran wayang kulit tersebut dalam rangka memeriahkan kegiatan purna siswa kelas XII SMK YPM 7 Tarik.

Gelaran wayang kulit ini didalangi langsung oleh seorang dalang ABG yang merupakan siswa sekolah tersebut yaitu Ki Aldo Mukti Wibowo.

Para siswa bersama orang tua masing-masing terlihat sudah memadati halaman SMK YPM 7 Tarik sejak pukul 06.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, sekolah yang berada di Jalan Raya Nomor 1 Kemuning, Tarik, tersebut sengaja memodifikasi kegiatan purna siswa itu dengan mendatangkan seluruh orang tua siswa kelas XII.

Ketua Panitia sekaligus Waka Kesiswaan SMK YPM 7 Tarik Kety Kafsah, S.Pd mengatakan, hal itu dilakukan agar orang tua siswa dapat menyaksikan sendiri kegiatan purnasiswa yang sengaja didesain dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa.

“Biar orang tua memiliki kebanggaan terhadap prestasi putra putrinya di sekolah,” katanya, Sabtu (13/4).

Sementara itu Kepala SMK YPM 7 Tarik Drs. Sukendro Syahlil, M.M dalam sambutannya memberikan nasihat kepada seluruh siswa kelas XII agar dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah dengan sebaik-sebaiknya.

Sebab beberapa nilai pendidikan karakter telah ditanamkan di sekolah. Di antanya islami, santun, tangguh, mandiri dan jujur, harus ditumbuhkembangkan di tempat kerja masing-masing. 

“Khususnya salat wajib lima waktu harus dilaksanakan tepat waktu dan istiqomah,” katanya.

Pagelaran wayang kulit dengan dalang ABG Ki Aldo Mukti Wibowo yang menceritakan lakon Anoman Duta itu ternyata sangat diminati oleh dewan guru, orang tua siswa, seluruh siswa bahkan masyarakat.

Beberapa warga sekitar yang melihat pagelaran wayang kulit tersebut terlihat berjubel di pinggir jalan di luar pagar sekolah. “Luar biasa sambutan masyarakat, seperti menjadi hiburan yang dahsyat dan baru pertama kali ada pagelaran wayang kulit di sekolah,” tambahnya.

Sukendro berharap, antusiasme masyarakat tersebut dapat menular pada minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMK YPM 7 Tarik yang memiliki tiga jurusan. Di antaranya Teknik Pemesinan (TPm), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Teknik Kendaraan Ringan atau Otomotif (TKR). (san/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia