Kamis, 25 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
SMK Krian 2 Sidoarjo

Cetak Lulusan Berkualitas, Kompeten dan Siap Kerja

15 April 2019, 06: 05: 53 WIB | editor : Wijayanto

STUDY EXCURSION: Siswa SMK Krian 2 saat berkunjung ke perusahaan.

STUDY EXCURSION: Siswa SMK Krian 2 saat berkunjung ke perusahaan. (ISTIMEWA)

SIDOARJO - Untuk menyiapkan lulusan yang berkompeten baik secara hard skill maupun soft skill, SMK Krian 2 Sidoarjo membuat program strategis berkelanjutan (PSB) untuk setiap jenjangnya. Salah satunya untuk siswa kelas X yang diberi nama program Study Excursion.

Program Study Excursion tersebut merupakan kunjungan seluruh siswa SMK Krian 2 Sidoarjo ke berbagai perusahaan, dunia usaha serta instansi sesuai kompetensi keahlian. 

Kepala SMK Krian 2 Sidoarjo Indra Wahyu Suliswanto, M. Pd mengatakan, hal itu dimaksudkan agar siswa di kelas X SMK Krian 2 Sidoarjo dapat mengetahui seluk beluk perusahaan mulai dari managemen, proses produksi, finishing hingga pemasaran.

“Jadi pada saat nanti siswa beranjak ke kelas XI di SMK Krian 2 Sidoarjo sudah menyiapkan praktik kerja lapangan,” katanya, Minggu (14/4).

Sementara itu untuk kelas XI SMK Krian 2 Sidoarjo, siswa akan secara langsung praktik atau belajar bekerja di sebuah perusahaan. Hal itu diharapkan nantinya pada saat siswa naik ke kelas XII, mereka benar -benar sudah matang dan siap kerja.

“Oleh karena itu di kelas XII SMK Krian 2 Sidoarjo sudah menyiapkan bursa kerja khusus,” terangnya.

Dia menambahkan, bursa kerja khusus tersebut untuk memberikan informasi dan menyalurkan lulusan serta alumni SMK Krian 2 Sidoarjo ke berbagai perusahaan. 

Selain itu, hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan berbagai wawasan kewirausahaan kepada siswa yang ingin berwirausaha.

Study Excursion 2019 SMK Krian 2 sendiri dimulai pada 2 hingga 13 April 2019. Diikuti oleh 15 kelas X, yaitu sebanyak 581 siswa pada lima kompetensi keahlian yang ada di SMK Krian 2. Setiap kelas wajib mengunjungi dua perusahaan dan membuat laporan individu sesuai standar yang ditetapkan sekolah.

“Ada banyak perusahaan dan instansi yang dikunjungi oleh SMK Krian 2. Antara lain PT. Amerta Indah Otsuka, PT. MPM, PT. Indofood, PT. Mega Global Food Industri, Pusat Arsip Surabaya, PT. Yakult, hingga  PT. Suparma serta banyak perusahaan lainnya,” pungkasnya. (san/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia