Jumat, 26 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Features

Lewat Zohrimart, ACT Mampu Alirkan Kesejahteraan ke Keluarga Zohri

20 Maret 2019, 17: 26: 34 WIB | editor : Wijayanto

RAMAI' Minimarket Zohrimart milik keluarga Lalu Muhammad Zohri menjadi ikon baru di Pamenang, Lombok, NTB.

RAMAI' Minimarket Zohrimart milik keluarga Lalu Muhammad Zohri menjadi ikon baru di Pamenang, Lombok, NTB. (ISTIMEWA/ACT)

LOMBOK UTARA – Aksi kemanusiaan yang digalang Aksi Cepat Tanggap (ACT) tak hanya mengalir pada bantuan korban bencana maupun bantuan kemanusiaan lainnya. Melalui Global Wakaf, ACT juga memberikan apresiasi kepada atlet nasional yang mampu berprestasi di ajang internasional.

Adalah Lalu Muhammad Zohri, atlet lari cepat (sprinter) asal Lombok, NTB, yang telah mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan dunia atletik internasional pada tahun lalu. Pemuda yatim ini mendapat bantuan permodalan dari Global Wakaf untuk membantu kehidupan keluarganya yang berasal dari kalangan tidak mampu.

USAHA KELUARGA: Anggota keluarga Zohri ikut membantu mengelola Zohrimat.

USAHA KELUARGA: Anggota keluarga Zohri ikut membantu mengelola Zohrimat. (ISTIMEWA/ACT)

Modal itu dipakai untuk mendirikan sebuah minimarket yang diberi nama Zohrimart. Kini setelah hampir delapan bulan Zohrimart beroperasi, hibah berkelanjutan dalam bentuk modal usaha itu terus mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan, toko dengan warna dominan hijau dan kuning itu menjadi ikon baru di Jalan Raya Senggigi-Pemenang, tepatnya di persimpangan Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Dadan Hadi, manajer operasional Hydro Lombok yang mensupervisi operasional minimarket tersebut mengatakan, pendapatan bersih yang bisa dikumpulkan Zohrimart mencapai lebih dari Rp 10 juta per bulan.

“Nilai tersebut nantinya 100 persen akan dimiliki oleh keluarga Zohri sebagai pemilik toko,” katanya, Rabu (20/3). Pada Desember 2018, misalnya, keuntungan Zohrimart sudah mencapai Rp 17 jutaan.

Pendapatan yang mencapai belasan juta dari Zohrimart ini, menurut Dadan Hadi yang juga menjadi pemasok barang ke Zohrimart tak lepas dari lokasinya yang strategis. Yakni, tepat di persimpangan Jalan Raya Senggigi-Pemenang.

Atas bantuan tersebut, Baiq Fazila, kakak Lalu Muhammad Zohri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ACT melalui Global Wakaf. Sebab, minimarket Zohrimart sangat membantu perekonomian keluarganya. Selain omzet per bulan yang menjadi sumber pendapatan keluarga, Zohrimart juga membantu memberdayakan salah satu keluarga sebagai kasir.

“Toko ini sudah bisa menghidupi keluarga kami dengan hadiah yang berkelanjutan dalam bentuk profit tiap bulan,” ungkap Fazila yang ikut mengelola Zohrimart bersama anggota keluarga Zohri yang lain. Sementara supervisi pengelolaan dilakukan oleh PT Hydro Perdana Retailindo, perusahaan wakaf yang bernaung di bawah Global Wakaf Corporation.

"Kami selalu melakukan supervisi terhadap Zohrimart, juga gerai Ritel Wakaf maupun Warung Wakaf yang ada di Lombok. Ini agar pengelolaannya berjalan maksimal sehingga mampu mendatangkan profit yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan bersama," imbuh Dadan.

Seperti diketahui, Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas di nomor lari 100 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 di Tampere, Finlandia, 12 Juli 2018 lalu.

Zohri meraih medali emas setelah mencatatkan waktu 10,18 detik, mengungguli dua sprinter asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Catatan waktu tersebut sekaligus memecahkan rekor nasional junior yang dicatatkannya sendiri yakni 10,25 detik. (act/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia