Rabu, 20 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Rumah Pahlawan Harun Tohir Bakal Dijadikan Museum

14 Maret 2019, 17: 09: 48 WIB | editor : Wijayanto

DIRENOVASI: Rumah pahlawan nasional Harun Tohir di Desa Diponggo, Tambak akan dijadikan museum.

DIRENOVASI: Rumah pahlawan nasional Harun Tohir di Desa Diponggo, Tambak akan dijadikan museum. (ISTIMEWA)

GRESIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik segera melakukan renovasi rumah milik pahlawan nasional Harun Tohir. Rencananya, rumah bersejarah yang berada di Desa Diponggo, Kecamatan Tambak akan dijadikan sebagai museum.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, Pemkab Gresik telah menyiapkan anggaran Rp 200 juta untuk melakukan renovasi. Anggaran tersebut berada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gresik.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gresik Mighfar Syukur mengatakan untuk rumah pahlawan nasional Harun Tohir di Bawean memang akan dijadikan museum. “Ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kami terhadap jasa-jasa beliau,” ujarnya.

Dikatakan, di dalam museum tersebut nantinya akan dipajang sejumlah barang-barang peninggalan dari Harun Tohir. Selain milik Harun Tohir, nanti barang-barang sejarah lainnya yang berasal dari Pulau Bawean juga akan dipajang disana. “Kami sudah koordinasi dengan keluarga. Dan mereka setuju,” ungkap dia.

Dengan adanya museum Harun Tohir ini diharapkan destinasi wisata di Pulau Bawean bisa semakin berwarna. Sebab, saat ini wisata Bawean hampir seluruhnya merupakan wisata alam. “Kami memang berharap keberadaan museum ini bisa menambah destinasi wisata di Bawean. Agar wisatawan tertarik datang kesana,” terangnya.

Sebelumnya, pihak keluarga pahlawan nasional Harun Tohir telah menyetujui rencana untuk menjadikan rumah tersebut sebagai museum, "Sangat senang dan seluruh keluarga menyetujuinya," kata Muhammad Salim, salah satu perwakilan keluarga Harun Thohir kepada Radar Gresik beberapa waktu lalu..

Diakui Salim, ada beberapa peninggalan yang layak dipajang dalam museum. Seperti beberapa barang yang pernah dipakai Harun Thohir semasa hidup. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia