Rabu, 20 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Kuartal II, Kredit Konsumer Diprediksi Melaju

14 Maret 2019, 14: 31: 07 WIB | editor : Wijayanto

TERPACU: Layanan kredit di salah satu perbankan di Gresik.

TERPACU: Layanan kredit di salah satu perbankan di Gresik. (DOK/RADAR GRESIK)

GRESIK - Kendati di awal tahun, penyaluran kredit konsumer mengalami perlambatan, sejumlah perbankan di Gresik optimis pada kuartal II/2019 akan bergerak. Kegiatan politik ditambah kondisi ekonomi yang masih stagnan, membuat penyaluran kredit di kurtal I/2019 sedikit tertahan.

Branch Manager Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Gresik, Stepanus Hari menjelaskan, pihaknya tidak terlalu khawatir kredit konsumer tumbuh melambat di awal tahun. Sebab, memasuki kuartal II permintaan kredit memang akan lebih meningkat.  “Ini memang menjadi sebuah siklus. Biasanya kuartal I melambat, namun naik pada kuartal II,” ujarnya.

Berdasarkan catatan, kredit konsumer BTN Gresik tahun lalu masih tumbuh diatas 30 persen dimana sektor utama ditopang dari KPR. Tahun ini, pihaknya pun optimis kredit konsumer masih bisa tumbuh sesuai target.

“Untuk konsumer biasanya yang menjadi tulang punggung adalah kredit payroll dan agunan rumah. Biasanya menjelang atau saat puasa dua kredit ini akan meningkat seiring banyaknya kebutuhan di hari raya,” jelasnya.

Kepala Cabang Bank Jatim Gresik, Runita Tri mengamini kalau kredit konsumer di kuartal I/2019 ini sedikit melambat. Namun, momentum kenaikan menurutnya akan terjadi pada bulan puasa, lebaran dan penerimaan siswa baru yang terjadi di bulan Mei, Juni dan Juli mendatang.

"Selanjutnya pertumbuhan akan naik secara liner dengan target yang sudah direncanakan," katanya.

Untuk mendongkrak kredit konsumer, Bank Jatim bakal mengandalkan kredit pensiunan dan kredit ke Aparatur Sipil Negara (ASN) alias payroll.  “Disamping itu, kami juga intens menggandeng sejumlah mitra besar untuk penyaluran kredit konsumer sambil membangun sistem teknologi informasi (TI) agar penyaluran kredit menjadi lebih efektif dan cepat,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia