Rabu, 20 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Biometrik CJH Tuntas, Tinggal Distribusi Paspor

14 Maret 2019, 14: 18: 19 WIB | editor : Wijayanto

TUNTAS: Pelayanan Biometrik CJH Wilayah Imigrasi Kelas I Tanjung Perak.

TUNTAS: Pelayanan Biometrik CJH Wilayah Imigrasi Kelas I Tanjung Perak. (RAHMAT/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Petugas imigrasi kelas I Tanjung Perak sibuk dengan pengurusan dan pembuatan paspor dan rekam biometrik untuk calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat haji tahun ini. “Setelah pengurusan paspor dan rekam biometrik baru kemudian bisa untuk mengurus visa,” kata Kasi Lalu Lintas Keimigrasian Kelas I Tanjung Perak, Guntur Sahat Hamonangan.

Imigrasi Kelas I Tanjung Perak sudah melaksanakan proses foto maupun wawancara untuk pembuatan paspor dan biometrik CJH dari bulan Februari 2019 dan sudah selesai di bulan ini. Kini tinggal pendistribusian paspor di masing-masing kabupaten.

Menurut data yang dihimpun Radar Surabaya ada total 6.205 ribu CJH yang ada dilingkungan wilayah kerja Imigrasi Kelas I Perak yang sudah selesai proses admintrasi dalam pengurusan paspor maupun rekam biometrik.

Wilayah tersebut meliputi Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro. “Untuk jumlah paspor disesuaikan oleh jumlah calon jamaah haji yang sudah terdaftar di Depag. Namun tahun ini sama dengan tahun lalu (tidak ada peningkatan maupun penambahan” jelas Guntur.

Sebelum dilakukan pembuatan paspor CJH diberikan pengarahan terlebih dahulu terkait dengan kepemilikan paspor sebelumnya. Jika CJH sudah memiliki paspor maka pihak Imigrasi hanya mengecek ulang.

Untuk paspor yang masa berlakunya tersisa 3-4 bulan maka pihak imigrasi akan membuatkan paspor baru dengan nomer seri yang baru. Sedangkan untuk paspor yang sudah rusak sampul depannya juga dibuatkan paspor yang baru. (rmt/rud)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia