Rabu, 20 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Sidoarjo Temukan 4.163 Surat Suara Rusak

13 Maret 2019, 16: 55: 41 WIB | editor : Wijayanto

DIPERIKSA: Penyortiran surat suara yang rusak di KPU Sidoarjo.

DIPERIKSA: Penyortiran surat suara yang rusak di KPU Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI dan DPRD Kabupaten Sidoarjo telah selesai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo. Total ada 4.163 surat suara yang rusak. Terdiri dari 1.576 surat suara untuk DPR RI dan 2.587 untuk DPRD kabupetan.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, jumlah surat suara yang rusak tersebut akan dilaporkan ke KPU Jawa Timur dan KPU RI. Nantinya surat suara yang rusak akan diganti dengan kiriman surat suara yang baru. “Akan kita sampaikan berapa jumlah surat suara yang rusak secara keseluruhan,” katanya Zainal Abidin.

Dia mengungkapkan, saat ini surat suara untuk DPRD Jawa Timur dan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden belum datang. Sedangkan surat suara DPD sebagian sudah tiba ke gudang penyimpanan di Desa Prasung, Kecamatan Buduran. “Masih kita tunggu logistik surat suara yang lain,” kata Zainal.

Seperti diketahui, surat suara DPR RI dan presiden serta wakil presiden nantinya akan ditempatkan di gudang KPU di Desa Lebo. Sedangkan surat suara DPD dan DPRD Provinsi Jawa Timur akan disimpan di gudang di Desa Prasung, Buduran. Sedangkan surat suara DPRD Sidoarjo disimpan di gudang kantor KPU Sidoarjo.

Menurut Zainal, kerusakan yang terjadi pada surat suara karena sobek dan tinta yang kurang jelas. Karena itu, surat suara yang rusak akan disortir ditempatkan di boks kertas tersendiri. “Akan kita laporkan dan kirim lagi,” pungkasnya. (vga/rek) 

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia