Selasa, 19 Feb 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Masih Kekurangan 3.909 Pegawai

12 Februari 2019, 17: 00: 08 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/JPNN)

SIDOARJO - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) rupanya belum mencukupi kebutuhan aparatur sipil negara. Hingga tahun ini, kekurangan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo mencapai 3.909 orang. Dalam pendaftaran CPNS tahun lalu, Sidoarjo hanya diberi formasi sebanyak 473 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Toto Basuki mengatakan, jumlah tersebut akan terus bertambah. Sebab, ada PNS yang pensiun dalam setiap tahun. Tahun lalu saja ada 556 orang yang memasuki masa purna tugas.

Toto mengaku saat ini Sidoarjo sudah mengalami minus growth. Jumlah pegawai yang masuk dan keluar tidak seimbang. "Kekurangannya sudah terjadi sejak moratorium CPNS pada 2014 lalu," katanya.

Untuk mencukupi kekurangan tersebut, pemkab merekrut pegawai dengan dengan perjanjian kerja (P3K). Untuk menjalankan P3K, OPD mengajukan kebutuhan PNS ke BKD. Setelah itu, BKD membuka lowongan dan menggelar tes.

Pelaksanaan tesnya juga tidak sembarang. Sebab, pihaknya mengutamakan kualitas pegawai. Meski dengan perjanjian kerja, kualitas pegawai harus sama dengan PNS. Ini karena pekerjaan mereka berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Sekda Sidoarjo Achmad Zaini mengatakan, pihaknya saat ini juga disibukkan dengan seleksi lima jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang kosong. Setelah pansel terbentuk, langkah selanjutnya adalah persiapan tes.

Dia menyebutkan, lima pos kosong itu merupakan posisi penting. Zaini berharap jabatan diisi PNS yang memiliki kualitas dan kapabilitas. "Kami cari yang terbaik," jelasnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia