Senin, 18 Feb 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Parkir Berlangganan Masih Berlanjut, E-Parkir Dimulai Juni

12 Februari 2019, 16: 48: 58 WIB | editor : Wijayanto

EVALUASI: Salah satu titik parkir berlangganan di Jalan Gajah Mada, Sidoarjo.

EVALUASI: Salah satu titik parkir berlangganan di Jalan Gajah Mada, Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memastikan kebijakan parkir berlangganan tetap berlanjut hingga Juni 2019. Saat ini pemkab tengah merancang sistem e-parkir sebagai parkir berlangganan yang bakal dihapus.

Abah Ipul, sapaan akrab Bupati Saiful Ilah, menegaskan, perbaikan sistem parkir berlangganan akan diatur secara cermat. Menurut dia, parkir berlangganan tetap dilakukan namun melalui mekanisme baru yang lebih pas. “Jangan dihapus dulu karena kita sedang cari formula yang pas,” katanya, Senin (11/2).

Bupati mengungkapkan, jika parkir berlangganan dihapus, maka Pemkab Sidoarjo akan kehilangan pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp 31 miliar. Karena itu, harus ada kebijakan pengganti agar pelayanan parkir bisa terus diperbaiki. “Sekarang masih jalan hingga Juni dan pendapatannya masuk PAD,” terangnya.

Bupati dua periode ini menilai, di sejumlah daerah, terutama kota-kota besar, sudah melaksanakan pembayaran parkir melalui kartu elektronik. Karena itu, konsep e-parkir diharapkan bisa dimatangkan untuk memenuhi kebutuhan parkir di Kabupaten Sidoarjo. “Masalah parkir harus dibenahi dengan konsep yang matang tanpa ada yang dirugikan,” katanya.

Menurut Abah Ipul, usulan penghapusan parkir berlangganan memang datang dari berbagai pihak. Salah satunya DPRD Sidoarjo. Namun, Pemkab Sidoarjo juga akan mendengar masukan dari sejumlah kalangan untuk menentukan mekanisme yang tepat di bidang perparkiran. “Saya inginnya terus dilanjutkan (parkir berlangganan),” tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan M Bahrul Amig mengatakan, perencanaan sistem e-parkir akan terus dirancang untuk disempurnakan. Sehingga, pelaksanaannya nanti tidak akan memberatkan pemilik kendaraan dan tidak menyusahkan juru parkir. “Nanti kita akan evaluasi terus,” pungkasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia