Minggu, 21 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Dana Kampanye Paslon 01 Dilaporkan Nol, Padahal APK Banyak Tersebar

10 Februari 2019, 17: 50: 52 WIB | editor : Wijayanto

NIHIL: Kendati APK banyak bertebaran, namun tim Paslon 01 belum melaporkan dana kampanye.

NIHIL: Kendati APK banyak bertebaran, namun tim Paslon 01 belum melaporkan dana kampanye. (ISTIMEWA)

GRESIK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik kembali menyoroti Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) para peserta pemilu. Pasalnya, hingga saat ini ada peserta yang laporan LPSDK-nya masih nihil. Padahal, dari pengawasan Bawaslu seluruh peserta telah melakukan kampanye serta masang alat peraga kampanye (APK).

Peserta yang laporannya masih nihil yakni pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Partai Hanura. Bawaslu meminta mereka agar segera memperbaiki laporan seluruh kegiatan kampanye yang telah dilakukan. "Dari realita di lapangan seluruh peserta telah berkampanye. Jadi tidak mungkin laporan LPSDK-nya nihil," ujar Komisioner Bawaslu Gresik Syafi Jamhari, kemarin.

Selain persoalan nihilnya laporan LPSDK, Bawaslu juga menemukan banyak laporan yang tidak sinkron. Yakni, milik partai Golkar, Partai PPP dan Partai PBB. "Seharusnya antara laporan LPSDK 1, 2 dan 4 sama. Tapi ini laporannya berbeda," terangnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Tim Kampange Daerah (TKD) Paslon 01 Kabupaten Gresik Mujid Ridwan mengatakan laporan yang disampaikan itu memang benar. Sampai saat ini tidak ada sumbangan masuk untuk Paslon 01.  "Kami melaporkan apa adanya memang tidak ada dana masuk di rekening sumbangan kampanye Paslon 01," ungkap dia.

Dikatakan, kalau selama ini partai koalisi Paslon 01 menggelar sosialisasi dan juga kampanye itu merupakan hak partai. Dan itu bukan murni dilakukan TKD Paslon 01. "Kalau yang menyelenggarakan partai masak kami yang melaporkan," terangnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia