Senin, 18 Feb 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

823 Siswa Ikuti Kompetisi Matematika

10 Februari 2019, 17: 28: 52 WIB | editor : Wijayanto

FOKUS: Para siswa sedang mengerjakan naskah soal untuk persiapan kompetisi matematika di sekolahnya.

FOKUS: Para siswa sedang mengerjakan naskah soal untuk persiapan kompetisi matematika di sekolahnya. (DOK/RADAR GRESIK)

GRESIK - Sebanyak 823 siswa Kabupaten Gresik dinyatakan lolos menuju tahap Semifinal Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-14. Dengan demikian, mereka akan ikut perlombaan selanjutnya di tingkat Jatim. 

Guru pembina, Rudi Purnawan mengatakan, tahap ini merupakan lanjutan dari tahap penyisihan yang telah dilekukan tahun lalu. “Babak penyisihan yang lalu diikuti 2.415 siswa, terdiri dari 2.148 siswa SD dan 267 siswa SMP,” jelasnya.

Semifinal KMNR 14 Jawa Timur tersebar di 9 lokasi, yaitu Jember, Banyuwangi, Jombang, Lumajang, Madiun, Malang, Blitar, Surabaya, dan Tuban. “Gresik ikut semifinal di Surabaya yang insyaallah akan dilaksanakan di Graha Robotika ITS Surabaya pada 24 Februari mendatang. Namun sampai saat ini masih dalam tahap konfirmasi di Surabaya,” ujarnya.

Dalam perlombaan itu, pihaknya harus membagi timnya untuk pembinaan rutin. “Ada dua pembinaan nantinya yaitu OSN dan KMNR. Dua siswa kami harus dipersiapkan untuk seleksi pra Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) 9 Februari nanti,” jelasnya.

Pembinaan rutin ini, lanjutnya, akan dilakukan dengan satu pembina untuk satu jenjang kelas. “Ini biar fokus,” tegasnya. Untuk itu, berharap anak-anak lebih semangat dan terpacu belajarnya. “Lawan di semifinal nanti lebih ketat dan soalnya juga lebih menantang. Harus ekstra pokoknya,” ujarnya. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia