Rabu, 24 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Evaluasi Layanan MPP, Dispendukcapil Tambah Loket

08 Februari 2019, 17: 57: 59 WIB | editor : Wijayanto

TAMBAH LOKET: Staf Dispendukcapil saat melayani warga yang mengurus surat kependudukan di MPP, Jalan Veteran, Lingkar Timur Sidoarjo.

TAMBAH LOKET: Staf Dispendukcapil saat melayani warga yang mengurus surat kependudukan di MPP, Jalan Veteran, Lingkar Timur Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Sejak dibuka pada akhir Januari lalu, jumlah warga yang memanfaatkan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Veteran, Lingkar Timur Sidoarjo, terus bertambah. Setiap hari ada ratusan warga yang datang. Tingginya animo warga tersebut membuat pengelola MPP akan menambah loket pelayanan agar tidak terjadi penumpukan antrean.

Pengelola MPP Ari Suryono menjelaskan, ada tiga pelayanan yang setiap hari dipadati warga. Yakni pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), BPJS Kesehatan, dan perizinan. Pada loket pelayanan Dispendukcapil, ada 200 warga yang memanfaatkannya di MPP. Rinciannya, 100 orang rekam dan 100 orang cetak e-KTP.

Pada loket pelayanan BPJS Kesehatan ada 100 warga yang datang setiap hari. Sedangkan di loket perizinan ada 78 pengajuan yang datang ke MPP setiap harinya. Ari memprediksi warga yang ingin mendapat layanan semakin bertambah. Terutama Dispendukcapil dan pelayanan perizinan.

Apalagi sejak MPP dibuka, pelayanan kependudukan enam kecamatan dialihkan ke tempat tersebut. "Seluruh pelayanan perizinan juga dipindahkan ke MPP," katanya.

Untuk perbaikan layanan, pemkab akan segera menggelar evaluasi. Pembenahan akan dilakukan pada loket pelayanan yang dipadati warga. Terutama di loket Dispendukcapil dan BPJS Kesehatan. Pada loket Dispendukcapil akan ditambah loketnya. Sedangkan BPJS Kesehatan, pihaknya meminta tambahan petugas.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Medi Yulianto terus memantau pelayanan di MPP. Evaluasi pelayanan kependudukan di MPP terus berjalan. Setiap hari petugas dimonitor untuk memastikan tidak ada kendala. Bulan depan pelayanan akan ditambah.

Dari enam kecamatan jadi sembilan kecamatan yang pelayanannya dipindah ke MPP. "Yakni Kecamatan Porong, Waru,  dan Candi," pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia