Rabu, 24 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Awal Tahun, 58 Warga Sidoarjo Menderita DBD

08 Februari 2019, 17: 46: 16 WIB | editor : Wijayanto

Kabid Pencacahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sidoarjo M Athoillah.

Kabid Pencacahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sidoarjo M Athoillah. (DOK/JPNN)

SIDOARJO - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sidoarjo terbilang tinggi. Hanya dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan terakhir, tercatat setidaknya ada 58 warga yang terjangkit penyakit DBD.

Kepala Bidang Pencacahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sidoarjo M Athoillah mengungkapkan, dari total 58 kasus tersebut sudah terverifikasi dan telah didata oleh Dinkes. Dia menyebutkan, laporan terkait DBD sebenarnya lebih banyak. "Tapi setelah kita melakukan identifikasi, jumlahnya ada sekitar 58 kasus yang terhitung dari awal Januari hingga per satu Februari ini,” jelasnya,

Dirinya menambahkan, dari banyaknya jumlah pasien DBD di Kota Delta, tidak ada yang sampai meninggal dunia. Status wabah penyakit DBD di Kabupaten Sidoarjo tersebut tidak sampai masuk dalam kondisi luar biasa (KLB). Dari 58 jumlah pasien DBD itu, dianggap merata berasal dari 18 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo.

Menurut mantan Kepala Puskesmas Sidoarjo itu, wabah DBD menyerang tanpa mengenal usia bahkan status. Penderitanya datang dari berbagai macam umur. Mulai dari balita, remaja, hingga dewasa.

Usia balita yakni 1 hingga 5 tahun berjumlah 6 kasus, usia 6 hingga 14 tahun berjumlah 26 kasus dan usia 15 smapai 50 tahun berjumlah 26 kasus. "Jumlah ini lebih banyak dibandingkan jumlah kasus DBD pada per Januari 2018 lalu,” terangnya.

Selain curah hujan yang tinggi, ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya nyamuk aedes aegypti mewabah yang menyebabkan kasus DBD di Sidoarjo meningkat. Seperti banyaknya genangan air yang kotor, sampah yang masih berserakan, hingga pola hidup masyarakat yang belum sehat. Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). (yus/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia