Senin, 18 Feb 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Sidoarjo

Sambut Liga 3, Persida Baru Persiapan Setelah Porprov

08 Februari 2019, 17: 44: 00 WIB | editor : Wijayanto

SERU: Pemain Persida (biru) berduel dengan pemain Persinga Ngawi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

SERU: Pemain Persida (biru) berduel dengan pemain Persinga Ngawi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Jadwal kompetisi Liga 3 belum dirilis PSSI. Namun, kemungkinan besar kompetisi sepak bola amatir kasta ketiga itu bakal digulirkan selepas pemilihan umum (pemilu) mendatang. Selain Deltras, Persida Sidoarjo juga dipastikan mengikuti kompetisi Liga 3 musim 2019.

Kondisi yang dialami Persida pun tidak berbeda jauh dari Deltras. Kedua tim sepak bola asal Sidoarjo ini sama-sama belum melakukan persiapan jelang Liga 3 2019. Persida bahkan tidak punya komunitas suporter yang masih seperti Deltras. Karena itu, tidak ada desakan atau tekanan suporter agar Persida segera mempersiapkan tim agar bisa bersaing dengan tim-tim lain di Liga 3.

"Saya sudah lama tidak ikut-ikut di Persida. Sudah saya kembalikan Persida ke pengurusnya," ujar Dondik Agung Subroto, mantan manajer Persida di Liga 3 musim 2018 lalu.

Saat itu pria yang juga politikus itu berhasil menyelamatkan Persida dari jurang degradasi. Tim berjuluk Laskar Jenggolo itu bahkan hampir lolos ke putaran nasional. Namun, di laga terakhir Persida dihentikan oleh Persinga Ngawi.

Dondik pun memilih mundur karena prihatin dengan kondisi timnya. Apalagi sejumlah pemain muda berbakat asal Kabupaten Sidoarjo lebih memilih memperkuat klub-klub di daerah lain. Kondisi ini membuat Persida bakal sulit bersaing dengan tim-tim yang bermaterikan pemain berkualitas.

"Saya sih sejak awal ingin agar pemain-pemain berbakat dari Sidoarjo bisa menjadi tulang punggung Persida. Sayang, cita-cita saya itu belum kesampaian," katanya.

Sementara itu, Yohdar Balahmar, pengurus Persida musim lalu, mengatakan bahwa tim Laskar Jenggolo memang belum melakukan persiapan menghadapi Liga 3. Sebab, jadwal kompetisi belum dikeluarkan PSSI. Yang hampir pasti hanya jadwal Liga 1 pada bulan Mei mendatang. Kompetisi Liga 2 dan Liga 3 biasanya diputar setelah Liga 1.

"Sekarang kami masih konsentrasi ke persiapan pekan olahraga provinsi (porprov). Sebab, porprov menjadi target utama Askab PSSI Sidoarjo," katanya.

Yohdar yang juga anggota komite eksekutif Askab PSSI Sidoarjo itu menegaskan, tim porprov ditargetkan merebut medali emas. Target yang sangat realistis karena selama dua porprov berturut-turut Kabupaten Sidoarjo berhasil meraih medali perak di cabang olahraga sepak bola. "Insya Allah, porprov kali ini anak-anak bisa menyumbang medali emas untuk kontingen Sidoarjo," katanya. (yus/rek)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia