Rabu, 20 Feb 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya
Hidup Sehat di Era Digital

Jauhkan Handphone Dua Jam sebelum Tidur

06 Februari 2019, 06: 05: 59 WIB | editor : Wijayanto

BOBOK CANTIK: Tidurlah yang nyenyak. Salah satunya dengan cara menanggalkan gadget dua jam sebelum tidur. Karena kualitas tidur lebih penting bila dib

BOBOK CANTIK: Tidurlah yang nyenyak. Salah satunya dengan cara menanggalkan gadget dua jam sebelum tidur. Karena kualitas tidur lebih penting bila dibanding kuantitasnya. (NET/THE VERGE)

KEBERADAAN gadget telah mengubah gaya hidup masyarakat. Dari hal yang paling sederhana, kini orang lebih senang menghabiskan waktu terpaku di depan layar ponsel ketimbang untuk beraktivitas. Yang tentu saja, berdampak pada kesehatan tubuh. 

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Keberadaan gadget seringkali menyita banyak waktu. Yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan aktif, tak terasa habis untuk berkutat dengan media sosial (medsos). Tentu saja perubahan perilaku ini tak baik untuk kesehatan tubuh.

Masalah yang umum terjadi pada orang yang kecanduan gadget di antaranya kesehatan mata, perubahan bentuk tulang yang tidak normal dan mengganggu saraf otak. Untuk itu, dokter Rumah Sakit (RS) Adi Husada Undaan Wetan Surabaya dr. Edhy Listiyo, MARS., M.Med., QIA., CMA., MDISCA., Cht memberikan tips sehat sederhana yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat di era digital saat ini. 

Tips yang pertama adalah batasi penggunaan handphone. Setidaknya dengan menjauhkan handphone dua jam sebelum tidur. Sehingga waktu tidur tidak tersita dengan bermain handphone. Kualitas dan kuantitas tidur sangat penting. Usahakan tidur minimal delapan jam sehari. “Tidur yang cukup sangat berpengaruh pada aktivitas esoknya,” ungkap dr. Edhy.

Pun ketika di depan komputer. Untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh, dr. Edhy menyarankan alangkah baiknya mengambil istirahat selama dua jam sekali. "Dua jam di depan komputer. Lalu gunakan kaki untuk jalan-jalan. Ini bisa mengistiratkan mata, juga melemaskan otot tubuh yang tegang," urainya. 

Untuk menjadi sehat, menurut dr. Edhy, hal utama namun kerap dilupakan adalah menjaga kesehatan mental. Ia katakan, 50 persen masalah kesehatan disebabkan oleh mental yang tidak sehat. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mental dengan selalu bahagia.

Rasa bahagia ini akan muncul jika seseorang mau melakukan tiga prinsip hidup. Yakni ketika lancar membantu orang lain, ketika kurang tetap berpuas diri, bersyukur dengan apa yang ada dan ketika sengsara, berkekurangan hati tetap gembira. "Kalau mau sehat, banyakin gembira, banyakin tertawa. Itu obat paling manjur," ungkap dr. Edhy. (*/opi)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia