Rabu, 20 Feb 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Di Sidoarjo, Dana Kampanye Capres Hanya Rp 20 Juta

16 Januari 2019, 14: 29: 14 WIB | editor : Wijayanto

TERTIB: Petugas KPU Sidoarjo menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSD).

TERTIB: Petugas KPU Sidoarjo menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSD). (DOK/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Meski pelaksanaan kampanye sudah berlangsung cukup lama, gebyarnya kurang terasa di Kota Delta. Khususnya kampanye pemilihan presiden (pilpres). Tim pemenangan kedua pasangan calon rupanya sangat irit mengeluarkan dana kampanye pilpres.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo baru saja merilis laporan penerimaan sumbangan dana kampanye periode 23 September 2018 hingga 1 Januari 2019. Ternyata belanja kampanye paslon nomor 01 Joko Widodo dan KH Maruf Amin maupun paslon nomor 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak sampai Rp 20 juta.

 "Itu laporan yang resmi kami terima dari tim pemenangan kedua paslon di Kabupaten Sidoarjo," kata Ketua KPU Sidoarjo Mokh Zainal Abidin.

Sumbangan dana kampanye untuk paslon Jokowi-Maruf Amin pertama kali hanya Rp 10 juta pada 19 Desember 2018. Kemudian Rp 4,6 juta dan Rp 2,25 juta. Penyumbangnya atas nama Muhammad Mahfud dan Sabar Santoso.

Sementara itu, sumbangan dana kampanye untuk paslon Prabowo-Sandi hanya satu kali selama tiga bulan kampanye. Nilainya Rp 17,5 juta atas nama Ketua Partai Gerindra Sidoarjo Mohamad Rifai.

Zainal menegaskan, pihaknya hanya mencatat data sumbangan dana kampanye sesuai dengan yang dilaporkan tim pemenangan. KPU juga punya mekanisme untuk melakukan verifikasi. Data sumbangan yang masuk ke masing-masing paslon akan terus di-update agar bisa diketahui masyarakat.

Tak hanya sumbangan kampanya pasangan capres-cawapres yang nilainya kecil. Sumbangan dana kampanye untuk partai politik pun sangat kurang. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang nota bene parpol terbesar di Kabupaten Sidoarjo justru nihil sumbangan. Sumbangan dana kampanye untuk PDI Perjuangan yang dilaporkan ke KPU Sidoarjo berjumlah Rp 30 juta. Donasi politik itu atas nama Tarkit Erdianto, Santoso, dan Frida Fitria.

Sumbangan dana kampanye yang signifikan berasal dari para caleg Partai Gerindra. Total dana yang dilaporkan ke KPU mencapai Rp 743 juta. Besaran sumbangan para caleg Gerindra ini sangat bervariasi. Mulai nol rupiah hingga Rp 89 juta.

"Kontribusi itu sesuai dengan kemampuan masing-masing caleg," kata Ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo Mohamad Rifai. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia