Selasa, 22 Jan 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Nasib Wisnu Wardhana Setelah Dieksekusi Kejari

Dipecat Hanura, Dicoret KPU dari Caleg DPRD Jatim

11 Januari 2019, 17: 51: 11 WIB | editor : Wijayanto

TERPURUK: Wisnu Wardhana (kiri) usai ditangkap kejari dan kini menghuni Lapas Porong.

TERPURUK: Wisnu Wardhana (kiri) usai ditangkap kejari dan kini menghuni Lapas Porong. (ISTIMEWA)

SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mencoret nama Wisnu Wardhana dari Daftar Caleg Tetap (DCT) DPRD Jawa Timur. Tak hanya itu ia juga diberhentikan dari Partai Hanura.

Wisnu tercatat dalam DCT nomor urut satu dapil III (Kabupaten/Kota Probolinggo dan Kabupaten/Kota Pasuruan) sebagai caleg DPRD Jatim dari Partai Hanura. Namun sebelum ditangkap Wisnu masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Tim Kejaksaan Negeri Surabaya. Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya ini terjerat kasus korupsi pelepasan aset milik perusahaan milik Pemprov Jatim yaitu PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim.

Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam. mengatakan Wisnu dicoret sejak Desember 2018 lalu. Keputusan ini dikeluarkan setelah KPU Jatim menerima salinan putusan inkracht Mahkamah Agung. Meski demikian partai tidak bisa menggantikan nama Wisnu yang sudah dicoret. “Aturannya kalau sudah DCT ya tidak bisa digantikan sama orang lain,” katanya.

Ketua DPD Partai Hanura Jatim Kelana Aprilianto mengatakan Wisnu bukan lagi kader partainya. Ia mengaku Wisnu sudah dipecat sejak bulan lalu, baik sebagai kader maupun pencalonan di legislatife. “Untuk nomor beliau pada surat suara sudah kami kosongi,” ujarnya.

Wisnu Wardhana juga diberhentikan dari jabatannya sebagai Sekretaris di Relawan Jokowi (Rejo) Jatim. Kelana mengaku saat ini pihaknya sedang mencari pengganti Wisnu. “Kami pastikan kasus Wisnu tak mempengaruhi pencalonan caleg lainya di Hanura. Karena itu masalah pribadi bukan kepartaian,” tegasnya. (yua/rtn)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia