Kamis, 21 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Pura-pura Jadi Pengepul Besi Tua, Curi Mesin Bengkel Las

11 Januari 2019, 17: 22: 53 WIB | editor : Wijayanto

INI PELAKUNYA: Kapolsek Menganti AKP Ramadhan Nasution bersama tersangka Rifai'i.

INI PELAKUNYA: Kapolsek Menganti AKP Ramadhan Nasution bersama tersangka Rifai'i. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

GRESIK – Warga Dusun Setro, Desa Setro, Kecamatan Menganti menghajar Rifa’i, 52. Itu terjadi setelah warga Desa Rabasan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang ini kepergok mencuri sebuah mesin di bengkel las. Percobaan pencurian itu diketahui Heriyanto, 46, pemilik bengkel di Dusun Setro.

Kapolsek Menganti, AKP Ramadhan Nasution mengatakan, kejadian ini bermula saat pelaku berpura-pura melihat pengelasan pagar di bengkel milik korban. Pelaku menyaru pengepul besi tua pelaku dengan santainya berdiskusi dengan pemilik bengkel.

“Saat ditinggal masuk kedalam, pelaku melihat ada kesempatan untuk mencuri mesin las dan dinaikkan ke motornya. Namun belum sempat lari aksinya kepergok pemilik bengkel dan menghadangnya,” ujarnya.

Namun pelaku berusaha kabur sehingga membuat korban berteriak maling. Teriakan itu direspon massa dengan mengejar pelaku dan menangkap tak jauh dari bengkel las. Bisa ditebak, pelaku kemudian menjadi bulan-bulanan massa.

Beruntung, sebelum nyawa pelaku melayang, Brigadir Khoirul Anam, dari Polsek Menganti melintas di TKP dan menyelamatkannya dari amuk massa. Pelaku lantas digelandang ke Mapolsek Menganti.

“Pelaku kami jerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Sedangkan barang bukti yang berhasil kami amankan yakni Honda Vario nopol L 3076 PL milik pelaku serta 1 buah mesin las 900 watt merk Lakoni,” pungkas Kapolsek Menganti. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia