Sabtu, 23 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Jembatan Sembayat Baru II Sudah Tersambung

Bakal Diresmikan Presiden Jokowi, Bupati Berharap Jadi Kado HUT Gresik

11 Januari 2019, 17: 19: 12 WIB | editor : Wijayanto

MEGAH: Jembatan Sembayat baru II dengan panjang 350 meter bakal menjadi icon baru Kabupaten Gresik.

MEGAH: Jembatan Sembayat baru II dengan panjang 350 meter bakal menjadi icon baru Kabupaten Gresik. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

GRESIK - Masyarakat khususnya pengguna jalan di wilayah Gresik Utara kini bisa bernafas lega. Ini setelah pembangunan Jembatan Sembayat Baru II yang dimulai sejak 2015 selesai dikerjakan. Keberadaan jembatan tersebut diharapkan bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

Kendati pembangunan telah selesai dikerjakan, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur belum mengoperasionalkan jembatan tersebut. Mereka masih menunggu peresmian jembatan yang rencananya akan dilakukan Presiden Jokowi awal tahun ini.

Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Surabaya–Gresik BBPJN VIII Merlan Efendi mengatakan, untuk pembangunan sudah selesai seluruhnya. Pembersihan sisa material juga sudah dilakukan kontraktor. “Sudah selesai semua, selama pelaksanaan pekerjaan juga tidak ada halangan yang cukup berarti,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengusulkan rencana peresmian jembatan kepada Kementerian Pekerjaan Umum. Namun, hingga kini masih belum ada kepastian dari pusat kapan peresmian bisa dilakukan. “Memang rencananya akan diresmikan Bapak Presiden, tapi kami masih menunggu informasi resmi,” terang dia.

Dikatakan, setelah ada kepastian pihaknya akan segera menyampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik serta sejumlah pihak terkait. “Pasti kami sampaikan nanti kalau sudah ada kepastian jadwal,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto berharap peresmian jembatan bisa dilakukan paling lambat berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gresik Maret mendatang. “Tapi saya juga belum mendapatkan pemberitahuan resmi terkait waktu pasti peresmian jembatan,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, pekerjaan pembangunan Jembatan Sembayat Baru II dengan panjang mencapai 350 meter tersebut sudah selesai. Namun, jembatan yang menelan anggaran Rp 173 miliar tersebut belum dibuka untuk umum.

BBPJN masih memasang pembatas jalan di sisi utara dan selatan jembatan. “Kami berharap jembatan bisa segera dibuka agar kemacetan yang setiap pagi dan sore bisa sedikit dikurangi,” ujar Imam, salah satu pengendara. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia