Kamis, 21 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

85 Pedagang Tempati Sentra PKL Gajah Mada

10 Januari 2019, 13: 58: 34 WIB | editor : Wijayanto

PUSAT KULINER: Bupati Saiful Ilah (tengah) bersama Wabup Nur Ahmad Syaifuddin dan Kasatpol PP Widyantoro Basuki meninjau Sentra PKL di Jalan Gajah Mad

PUSAT KULINER: Bupati Saiful Ilah (tengah) bersama Wabup Nur Ahmad Syaifuddin dan Kasatpol PP Widyantoro Basuki meninjau Sentra PKL di Jalan Gajah Mada, Rabu (9/1) sore. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Sentra pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Gajah Mada akhirnya diresmikan, Rabu (9/1). Sebanyak 85 pedagang sudah menempati lokasi bekas sekolah Tionghoa tersebut. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin yang meresmikannya.

Dalam bangunan dua lantai tersebut sudah tertata pedagang dengan rombongnya masing-masing. Dari 85 pedagang yang menempati gedung itu, 68 pedagang adalah penjual makanan dan minuman. Sisanya 17 orang adalah pedagang martabak.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, sentra PKL Gajah Mada menjadi salah satu solusi untuk menata PKL di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Sisingamangaraja. Puluhan PKL berjualan di tepi jalan. Selain sering membuat jalanan macet, pemandangan jalan raya di malam hari juga kurang enak dilihat.

Untuk itu, sejak kemarin semua pedagang dipindah ke sentra PKL tersebut. Pedagang hanya tinggal membawa rombong masing-masing. Sejumlah fasilitas sudah disiapkan Pemkab Sidoarjo. Seperti air dan listrik.

Pria yang akrab disapa Abah Ipul tersebut mengatakan, sentra PKL itu sudah sangat representatif. Bersih, nyaman, baik untuk pedagang maupun pembelinya. Pihaknya juga menyediakan toilet, wifi hingga panggung musik. "Kami buat yang nyaman dan tidak mengganggu lalu lintas," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (AP) Benny Airlangga mengatakan, pembangunan sentra kuliner merupakan cara pemkab menata PKL. Menurut dia, pesatnya perkembangan kota berdampak pada peningkatan PKL. Jika tidak ditata, hal itu membuat kota semakin terlihat kumuh.

Benny menjelaskan, selain sentra kuliner, pemkab juga menata pedagang nonkuliner di Jalan Gajah Mada. Seperti pedagang pakaian dan aksesoris. "Kami tempatkan di lantai dasar plaza Sidoarjo," jelasnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia