Minggu, 20 Jan 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Mutasi Pejabat di Pemkab Sidoarjo

Lima Jabatan Kepala Dinas Masih Kosong

10 Januari 2019, 13: 41: 40 WIB | editor : Wijayanto

MUTASI: Bupati Saiful Ilah memberi ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik di Pendapa Delta Wibawa, Rabu (9/1).

MUTASI: Bupati Saiful Ilah memberi ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik di Pendapa Delta Wibawa, Rabu (9/1). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Mutasi besar-besaran terjadi di awal tahun. Sebanyak 226 pejabat, Rabu (9/1), dilantik Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Pendapa Delta Wibawa. Sebanyak 214 pejabat eselon II, III, dan IV, sedangkan 12 lainnya kepala UPT puskesmas.

Beberapa pejabat yang dimutasi menduduki jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan kini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

Sejak Dian Wahjuningsih pensiun, dinas tersebut dipimpin oleh pelaksana tugas (plt) Thoriqquddin yang juga baru saja pensiun akhir tahun lalu.

Selain Sigit Setyawan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sri Witarsih dimutasi menjadi asisten III. Sedangkan Kepala Inspektorat Eko Udiono kini menjadi Kepala Dinas Sosial.

Sebelumnya kedua pejabat tersebut sudah menjabat selama 10 tahun di dinas yang sama. Dokter Ika Harnasti menjadi kadis pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan KB dan Fenny Apridawati menjadi kadisnaker.

Tidak hanya memutasi pejabat, kemarin juga ada perubahan OPD. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan KB (Dinas PMD, P3A dan KB) menjadi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB. Dinas PUPR menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air, dan Dinas Perumahan, Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengtakan, mutasi pejabat ini sudah melalui pertimbangan panjang sebelumnya. Masing-masing dinilai kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, dan nilai pengabdian mereka sebagai pegawai negeri sipil. Abah Ipul, sapaan akrab Bupati Saiful Ilah, menegaskan bahwa perpindahan pejabat murni untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Tidak ada kepentingan pribadi," katanya.

Mutasi jabatan ini mengakibatkan lima OPD kosong tanpa pemimpin. Kelima OPD tersebut adalah Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Inspektorat, BKD, dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Ketua Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Baperjakat) Achmad Zaini menjelaskan, lima posisi tersebut sengaja dikosongkan. Alasannya, dalam waktu dekat akan digelar seleksi jabatan. Hal ini sudah sesuai dengan pertimbangan Bupati Saiful Ilah.

Menurut dia, dengan seleksi, maka pejabat yang akan mengisi jabatan tersebut sudah dipastikan berkualitas. Sebab, ada serangkaian tes yang harus dilalui. "Yang terbaik yang akan memimpin OPD tersebut," pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia