Minggu, 20 Jan 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pastikan Tak Ada Kecurangan, Dinas PUPR Cek Ketebalan Aspal

09 Januari 2019, 16: 14: 52 WIB | editor : Wijayanto

PENGAWASAN: Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan (kiri) meninjau pengukuran ketebalan aspal di Jalan Kombespol M Duryat, Sidoarjo, Selasa (8/1).

PENGAWASAN: Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan (kiri) meninjau pengukuran ketebalan aspal di Jalan Kombespol M Duryat, Sidoarjo, Selasa (8/1). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo melakukan pengecekan terhadap kualitas pengaspalan jalan. Pengecekan dengan mengukur ketebalan jalan tersebut dilakukan pada semua proyek pengaspalan di Kota Delta.

Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan mengatakan, mengukur ketebalan jalan sebagai syarat untuk mengetahui kualitas jalan sesuai dengan nilai kontrak. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada pelanggaran saat pengaspalan. “Bisa saja ketebalannya tidak sesuai kontrak berarti melanggar,” katanya.

Dalam pengecekan ke Jalan Kombespol M Duryat, Selasa (8/1) sore, Sigit melihat secara langsung proses pengukuran ketebalan jalan menggunakan coredrill. Alat tersebut menancap di aspal jalan untuk mengangkat sebagian kecil aspal sebagai sample.

Dengan alat tersebut, aspal yang berada di sejumlah titik lubang diambil oleh petugas dari Dinas PUPR disaksikan oleh kontraktor pemenang lelang jalan. Usai dilakukan pelubangan, penambalan langsung dilakukan pada lubang jalan yang berada di sisi selatan Mapolresta Sidoarjo tersebut.

Sigit menegaskan, tebal jalan aspal di setiap jalan yang diaspal berbeda-beda. Ada yang setebal 5-6 sentimeter sesuai dengan perjanjian kontrak masing-masing proyek. “Nah, sesuai dengan perjanjiannya berbeda-beda. Karena itu, kita cocoknya langsung,” terangnya.

Jika ditemukan ketidakcocokan, ujar Sigit, maka pelaksana proyek akan mengganti rugi sesuai dengan kekurangan yang ada. “Saat ini tidak ada temuan. Tahun lalu untuk proyek pengaspalan juga tidak ada temuan,” terang mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan ini. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia