Kamis, 21 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Olahraga Terbukti Mampu Perlambat Proses Degenerasi Usia

07 Januari 2019, 16: 29: 46 WIB | editor : Wijayanto

SERIUS: Jika ingin menghindari demensia, lakukan aktivitas yang menantang otak. Bermain kartu, catur, teka-teki silang, scrabble, dan Sudoku merupakan

SERIUS: Jika ingin menghindari demensia, lakukan aktivitas yang menantang otak. Bermain kartu, catur, teka-teki silang, scrabble, dan Sudoku merupakan olahraga otak yang efektif agar pikiran tetap tajam ketika tua. (NET/CHESSSITE)

TETAP sehat di usia 50-an, 60-an, atau 70-an, sebagian besar tergantung pada masa muda Anda. Artinya, bagaimana Anda menjaga kesehatan ketika masih muda.

Sekarang, ilmu pengetahuan juga mendukung gagasan ini. Menurut penelitian University of Birmingham dan King's College London (2018), olahraga teratur memperlambat proses degenerasi yang berkaitan dengan usia. Temuan ini mengungkapkan bahwa peserta studi yang berolahraga secara teratur tidak mengalami kehilangan massa otot dan kekuatan, seiring bertambahnya usia. Peserta yang tidak berolahraga, tetapi bersepeda secara teratur, juga mendapat manfaat.

Tingkat lemak dan kolesterol tubuh tidak meningkat, ketika menua. Bahkan kadar testosteron mereka tetap tinggi. Menariknya, sistem kekebalan tubuh pengendara sepeda, juga tetap kuat di usia tua mereka. Telah diamati dalam penelitian ini bahwa timus (kelenjar yang menghasilkan sel-sel kekebalan) dari pengendara sepeda tua memproduksi sebanyak sel T (sel imun), seperti yang dimiliki oleh kaum muda.

Manfaat geriatrik untuk tetap aktif telah dibuktikan oleh penelitian lain yang baru-baru ini diterbitkan di Journal of Medicine and Science in Sports di Skandinavia. Studi ini menemukan bahwa menari mengurangi risiko mengembangkan kecacatan dalam berjalan, makan, mandi dan berpakaian, antara lain, pada wanita yang lebih tua sebesar 73 persen.

Namun, Anda juga tidak bisa melawan alam. Organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia. Penyakit juga mulai singgah karena daya tahan tubuh menurun, Berikut ini lima kondisi dan penyakit yang menjadi lebih umum ketika seseorang menjadi tua, seperti dilansir dari laman thehealthsite, Senin (7/1).

1.Tulang Rapuh

Seiring bertambahnya usia Anda, Anda menjadi lebih rentan terhadap gangguan tulang, seperti osteoartritis dan osteoporosis. Osteoartritis ditandai dengan degenerasi sendi yang memicu rasa sakit dan pembengkakan sendi. Sedangkan osteoporosis terjadi karena hilangnya massa tulang yang mengakibatkan tulang rapuh. "Untuk tulang yang kuat, Anda perlu memasukkan makanan yang kaya kalsium," kata Dr. P.K. Dave, ahli ortopedi senior dengan Rumah Sakit Rockland, Delhi. “Produk susu, susu kedelai, dan brokoli adalah pilihan yang baik di antara yang lainnya. Anda juga perlu menilai kadar vitamin D Anda dari waktu ke waktu, ”tambahnya.

2.Kelainan Saraf

Demensia dan parkinson adalah penyakit yang berhubungan dengan saraf. Menyerang sebagian besar usia tua. Demensia menghabiskan fungsi otak dan dapat menyebabkan hilangnya memori, perubahan suasana hati, komunikasi dan penilaian yang buruk. Parkinson adalah gangguan spektrum yang terdiri dari gejala fisik, seperti tremor, gerakan motorik lambat, kecenderungan untuk jatuh, dan sejenisnya. Dalam lingkup parkinson, ada beberapa kondisi lain, seperti Parkinson's Disease dan Vascular Parkinson's. “Parkinsonisme terkait stroke adalah salah satu di antara berbagai jenis gangguan spektrum ini. Itu terjadi ketika ada gumpalan di daerah otak yang bertanggung jawab atas sekresi dopamin,” kata Dr. Rajashekar Reddi, Direktur Neurologi, Max Institute of Neurosciences, Delhi. “Jika Anda ingin menghindari demensia, lakukan aktivitas yang menantang otak Anda. Bermain kartu, catur, teka-teki silang, scrabble, dan Sudoku bisa sangat efektif untuk membuat pikiran Anda tetap tajam ketika Anda bertambah usia,” lanjutnya.

3.Katarak

Kondisi terkait mata ini, ditandai dengan kabur dan berkurangnya penglihatan, merupakan fenomena penuaan dan bukan penyakit. “Perubahan terjadi pada lensa mata Anda seiring bertambahnya usia. Protein di dalam lensa mata menjadi terdenaturasi dan buram menyebabkan katarak. Sembilan puluh delapan persen orang mengembangkan beberapa tingkat katarak pada usia 90, ”kata Dr. Sanjay Dhawan, ahli bedah mata senior yang berbasis di Delhi.

Sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar yang mengandung anti-oksidan dapat membantu menunda pembentukan katarak. “Vitamin A, D, dan E sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Tapi pastikan Anda tidak berlebihan. Kelebihan vitamin ini bisa menjadi racun, ”tambahnya.

4.Gangguan Pendengaran

Fungsionalitas telinga Anda berkurang dengan tahun-tahun yang semakin maju seiring rambut-rambut kecil di dalamnya yang memproses suara merosot. Penuaan dapat menyebabkan perubahan sederhana pada kapasitas pendengaran Anda: Pemahaman suara, ketidakmampuan untuk mengikuti percakapan di lingkungan yang bising, penguatan suara-suara tertentu, dan sebagainya.

“Penggunaan headphone dan earphone dalam waktu lama harus dihindari,” kata Dr. Aru Handa, Associate Director, ENT, Medanta The Medicity. “Jangan minum obat penghilang rasa sakit untuk sakit kepala dan jenis rasa sakit lainnya tanpa resep dokter. Obta-obat itu dapat memengaruhi pendengaran, ”tambahnya. Orang dengan diabetes atau hipertensi harus ekstra hati-hati, karena mereka cenderung mengalami gangguan pendengaran karena kekurangan vitamin B12.

5.Kanker

Peluang terkena kanker semakin besar saat mencapai usia 50 tahun. Telah ditemukan bahwa setengah dari semua kanker memengaruhi orang di atas 65 tahun. Namun, para ilmuwan belum dapat menentukan hubungan yang tepat antara usia dan peningkatan insiden kanker, salah satu penyebab kanker. Alasan yang paling mungkin bisa karena kekebalan Anda habis.

Adopsi gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko kanker. Langkah paling penting adalah memastikan Anda tidak gemuk. Obesitas telah dikaitkan dengan kanker payudara, usus besar, dan kanker pankreas. Anda perlu berolahraga secara teratur dan menghindari makanan olahan. (*/opi)

(sb/opi/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia