Selasa, 19 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Proyek Strategis, Frontage Road Dijatah Rp 100 M

Pembangunan Jalan di Sidoarjo Dianggarkan Rp 280 M

03 Januari 2019, 13: 20: 49 WIB | editor : Wijayanto

URAI KEMACETAN: Rencana jalan Lingkar Barat di Desa Sumokali yang akan menyambung sampai Tanggulangin.

URAI KEMACETAN: Rencana jalan Lingkar Barat di Desa Sumokali yang akan menyambung sampai Tanggulangin. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Pembangunan jalan tahun ini akan mendapatkan perhatian lebih dari Pemkab Sidoarjo. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 280 miliar. Nantinya anggaran tersebut akan digunakan untuk tiga pekerjaan. Pembangunan Frontage  Road (FR), pemeliharaan, dan peningkatan jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sigit Setyawan mengatakan, anggaran untuk tiga pekerjaan tersebut berbeda-beda. Peningkatan jalan mendapatkan anggaran Rp 150 miliar, pemeliharaan jalan Rp 30 miliar, dan penuntasan FR sebesar Rp 100 miliar.

Dia menjelaskan, dalam peningkatan jalan pihaknya akan melanjutkan pembangunan jalan beton. Tahun ini total pekerjaan ada 30 paket. Sebagian besar merupakan pekerjaan lanjutan tahun lalu. Namun, Sigit belum bisa menentukan lokasinya. "Masih kami petakan," katanya.

Tidak hanya jalan beton, pembangunan jalan baru juga akan dilakukan tahun ini. Seperti jalan-jalan lokal yang berada di desa akan diaspal. Tidak kalah penting penuntasan FR. Setiap tahun proyek tersebut mendapatkan anggaran besar. Tahun lalu pemkab memberikan alokasi anggaran Rp 128 miliar. Namun baru 52 bidang tanah yang berhasil dibebaskan.

Sigit menilai, FR menjadi proyek strategis. Tahun 2020, jalan sepanjang 9,2 kilometer itu harus selesai. Sebagai langkah percepatan, pemkab memberikan dana besar. "Tahun depan anggaran Rp 100 miliar," ujarnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia