Selasa, 26 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Dewan Usul Pantau UNBK dengan CCTV di Kelas

02 Januari 2019, 16: 00: 32 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bakal berlangsung pada Maret dan April mendatang. Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Mahmud mengusulkan agar dipasang Closed Circuit Television (CCTV) di masing-masing kelas. Penggunaan kamera pemantau ini diharapkan bisa mengurangi potensi kecurangan.

Mahmud mengatakan, saat ini sudah banyak sekolah swasta yang menggunakan CCTV di kelas untuk memantau pengajaran maupun ujian. “Jika itu diterapkan di semua sekolah kan lebih baik,” katanya.

Politisi PAN ini berharap, pemasangan CCTV tersebut bisa dilakukan secara bertahap. Kebutuhan infrastruktur untuk penyediaan CCTV juga harus dipersiapkan. “Memang tidak murah. Karena itu, harus dilakukan secara bertahap,” tambahnya.

Menurut Mahmud, pemantauan melalui CCTV mempermudah pengawasan. Tidak hanya saat UNBK atau ujian lain, kepala sekolah dan pengawas bisa melihat kinerja guru dalam pengajaran. Sehingga, penilaian terhadap kinerja guru juga bisa dilakukan dengan tepat. “Sekarang zamannya digital dan aksesnya cepat,” ujarnya.

Namun, di sisi lain, penyedian infrastruktur utama seperti komputer jauh lebih penting. Sehingga, tidak ada sekolah numpang yang tidak memiliki komputer. Selain itu, penyediaan komputer untuk satu kelas juga akan direalisasikan.

Dengan jumlah komputer yang memadai, maka pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sidoarjo tidak lagi dilaksanakan dengan sistem shift. Ini bsa menekan tingkat kebocoran soal ujian nasional. “Ke depan anggaran untuk penyediaan komputer akan kita tambah,” pungkasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia