Selasa, 26 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Tanah Ambles 30 Meter, Jalan Gubeng Putus Total

Polisi dan Pemkot Selidiki Penyebab Kejadian

18 Desember 2018, 23: 21: 55 WIB | editor : Wijayanto

BOLONG: Petugas dari Damkar mengecek kondisi Jalan Gubeng yang amblas, Selasa malam (18/12).

BOLONG: Petugas dari Damkar mengecek kondisi Jalan Gubeng yang ambles, Selasa malam (18/12). (GUNTUR IRIANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Jalan Raya Gubeng depan toko tas Elizabeth samping Bank BNI ambles, Selasa malam ini (18/12) sekira pukul 21.40 WIB. Jalan tersebut ambles sepanjang sekitar 30 meter dengan lebar mencapai 10 meter dengan kedalaman sekitar 10 meter hingga membentuk lubang besar menganga mirip fenomena alam sinkhole di luar negeri.

Pihak Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya langsung diterjunkan dengan menurunkan mobil skyline untuk mengetahui apakah di dalam ada korban atau tidak. Mengingat jalan tersebut adalah salah satu jalur utama yang menghubungkan wilayah selatan dan utara Kota Pahlawan.

Wartawan Radar Surabaya yang turun ke lokasi sempat dikejutkan beberapa kali aspal jalan ambles kembali setelah kejadian pertama Jalan Raya Gubeng ambles. Petugas Satpol PP dan kepolisian juga diterjunkan untuk berjaga di lokasi dan menghalau warga yang ingin melihat. Dikarenakan kondisi tanah masih belum stabil dan ada kemungkinan amblesnya jalan kembali terjadi dan akan semakin melebar.

STERIL: Petugas memasang police line menghalau warga yang ingin menyaksikan kejadian jalan amblas di Raya Gubeng.

STERIL: Petugas memasang police line menghalau warga yang ingin menyaksikan kejadian jalan ambles di Raya Gubeng. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SURABAYA)

Ali, satpam kantor Harian Kompas Biro Surabaya yang dekat dengan lokasi amblesnya jalan mengaku, pertama kali ia mendengar gemuruh dari arah proyek pembangunan RS Siloam. Saat itu, ia keluar dan melihat kondisi gedung yang dibangun di proyek tersebut ambles. Lima menit kemudian, disusul jalan di depannya ikut ambles.

"Awalnya gedung proyek, tidak ada crane yang saya lihat. Kemudian tanah bergetar dan jalan ambles sampai depan Elizabeth," katanya.

Mengenai apakah dia melihat ada pengendara atau pengguna jalan yang melintas, Ali mengaku tidak tahu pasti. Yang ia tahu, kondisi lalu lintas sedang sepi.

Imbas putusnya Jalan Gubeng akibat amblasnya jalan ini, polisi langsung menutup jalan mulai simpang empat Jalan Bagong Ginayan-Sulawesi-Sumatera dan diarahkan ke Keputran.

Sementara untuk pengendara dari arah Jalan Stasiun Gubeng diarahkan ke Biliton. Petugas sampai berita ini ditulis terus berdatangan untuk mengamankan lokasi dan melakukan penyelidikan. (gun/jay)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia