Selasa, 26 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Lima Pemain Bertahan di Persebaya

16 Desember 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Irfan Jaya

Irfan Jaya (dok)

Surabaya – Baru lima pemain yang dipastikan bertahan di skuad Persebaya Surabaya musim depan. Kelima pemain ini merupakan penggawa tim berjuluk Green Force sejak di Liga 2 2017. Mereka mengantongi kontrak dengan durasi lebih dari setahun.

Menurut sekretaris tim Persebaya, Ram Surahman hanya ada lima pemain yang masih terikat kontrak bersama Persebaya. Kontrak kelima pemain itu akan habis pada 2019 nanti.

Lima pemain itu adalah:  Miswar Saputra, Rachmat Irianto, M Hidayat, Misbakus Solikin, dan Irfan Jaya.  Miswar merupakan pemain yang didatangkan sejak Persebaya masih ditukangi Iwan Setiawan, awal 2017 lalu. Sempat berada di bawah bayang-bayang Dimas Galih Pratama, Miswar akhirnya berhasil merebut posisi kiper utama sejak pertengahan Liga 2 2017.

Sejauh ini Miswar masih dipercaya sebagai penjaga gawang pertama. Pada kompetisi Liga 1 2018, dia telah bermain dalam 31 pertandingan. Kiper 22 tahun itu menorehkan delapan clean sheet di musim ini.

Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto,  merupakan pemain masa depan Persebaya. Ia mendapatkan kontrak profesional sejak berusia 18 tahun. Sayang, Rian tidak banyak memperoleh menit bermain pada Liga 1 2018. Cedera serta aktivitasnya bersama Tim Nasional U-19 Indonesia membuat Rian sering absen bersama armada Green Force. Meski demikian, Persebaya tidak akan melepas bintang mudanya ini.

Pemain lainnya, M Hidayat merupakan salah satu pemain muda berbakat yang didatangkan oleh mantan pelatih Persebaya, Iwan Setiawan. Peran Hidayat tak tergantikan selama Liga 2 2017. Namun sayang, ia mengalami cedera pada Liga 1 2018. Cedera itu dialaminya pada masa pramusim kompetisi. Musim ini dia hanya mencatatkan 16 penampilan saja.

Misbakhus Solikin menyandang status wakil kapten Persebaya sejak Liga 2 2017. Ia juga menjadi top scorer Green Force pada kompetisi musim lalu. Posisinya tak tergeser meski Persebaya mendatangkan Robertino Pugliara.

Bahkan bersama Rendi Irwan Saputra dan Fandi Eko Utomo, Solikin adalah mesin utama Persebaya sejak ditangani oleh Djadjang Nurdjaman. Dua gol dan lima assist telah ia catat di Liga 1 2018.

Pemain kelima adalah Irfan Jaya, dia merupakan rekrutan terbaik Persebaya sejak Liga 2 2017. Walaupun bukan produk asli Persebaya, Irfan menemukan performa terbaiknya di klub kebanggaan Bonek. Panggilan Tim Nasional Indonesia menjadi bukti bahwa kualitas Irfan Jaya sudah naik hingga dua sampai tiga level. Berkat kontribusinya, sulit melihat Irfan Jaya berganti kostum di Liga 1 2019. (saf/JPC/rak)

(sb/sam/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia