Selasa, 26 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Selundupkan Narkoba lewat Bandara, 2 WN Malaysia Diamankan

13 Desember 2018, 13: 13: 20 WIB | editor : Wijayanto

NARKOBA BARU: Dua WN Malaysia dan seorang tersangka warga Gresik yang diamankan.

NARKOBA BARU: Dua WN Malaysia dan seorang tersangka warga Gresik yang diamankan. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SURABAYA)

SIDOARJO - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda berhasil menggagalkan empat aksi penyelundupan narkotika dalam dua bulan terakhir. Dalam penindakan tersebut di antaranya diamankan dua orang warga negara Malaysia.

Kepala Kantor KPPBC TMP Juanda, Budi Harjanto mengungkapkan, aksi penyeludupan pertama berhasil digagalkan pada Kamis (8/11). Hari itu, petugas berhasil mengamankan narkotika jenis ekstasi seberat 62,4 gram yang dikirim melalui paket pos. "Paketnya berasal dari Jerman," sambung Budi, Kamis (13/12).

Budi melanjutkan, Kamis (22/11), petugas kembali menggagalkan aksi penyelundupan narkotika yang dibawa oleh seorang penumpang pesawat warga Malaysia. Pria yang bernama WCH, 29, itu diamankan petugas setelah kedapatan membawa 1.055 gram sabu sabu. "Caranya diikat dalam perut atau body strapping, " sambung Budi.

Tidak lama berselang, Sabtu (24/11), petugas kembali meringkus WNA asal Malaysia yang hendak menyelundupkan sabu-sabu. "Sabu yang dibawa ada 535 gram, modusnya sama, pakai body strapping," katanya.

Setelah itu, petugas kembali berhasil menggagalkan aksi penyelundupan narkotika dari jalur paket Pos, Selasa (4/12). Sebuah paket yang datang dari Ethiopia diamankan petugas. Saat diperiksa, isi paket tersebut adalah narkotika baru yaitu Chatinone seberat 9.140 gram. "Dari negara asalnya sudah mencurigakan. Saat diperiksa ternyata benar (narkotika, Red)," sebut Budi.

Setelah menemukan paket narkotika jenis baru itu, petugas langsung berkordinasi dengan Polresta Sidoarjo untuk memburu penerima paket tersebut. "Hasilnya positif. Polisi berhasil menangkap AR, warga Gresik yang menjadi penerima paket tersebut," pungkasnya.

Kini barang bukti dan ketiga tersangka diamankan oleh petugas untuk penyelidikan lebih lanjut. (son/jay)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia