Selasa, 19 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Tak Bayar Retribusi IMB, PT SSM Disegel

13 Desember 2018, 12: 55: 50 WIB | editor : Wijayanto

DISEGEL: Satpol PP bersama DPM-PTSP melakukan penyegelan terhadap PT SSM di Balongpanggang.

DISEGEL: Satpol PP bersama DPM-PTSP melakukan penyegelan terhadap PT SSM di Balongpanggang. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Gresik - Menjelang akhir tahun anggaran 2018, Dinas Penanaman Modal - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) terus menggenjot pendapatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Caranya dengan mengintensifkan penyegelan terhadap perusahaan tak kunjung membayar surat ketetapan retribusi (SKR) yang telah dikeluarkan pemerintah.

Sejak sepekan terakhir, tim gabungan DPM-PTSP bergerak menyisir wilayah industri yang ditengarai ada wajib pajak yang ngemplang. Salah satu perusahaan yang tak kunjung membayar SKR adalah PT Selaras Sukses Makmur. Padahal, proses perizinan perusahaan yang ada di Desa Kedungpring, Balongpanggang tersebut telah menyelesaikan proses pengurusan izinnya.

"Kami sudah keluarkan SKR tapi mereka tak kunjung melakukan pembayaran," ujar Kepala DPM-PTSP Kabupaten Gresik Mulyanto, kemarin.

Karena tak kunjung membayar retribusinya, maka DPM-PTSP meminta Satpol PP Kabupaten Gresik untuk melakukan penyegelan. Perusahaan tidak boleh beroperasi sebelum memenuhi kewajibannya. "Iya perusahaan kami segela melalui Satpol PP Kabupaten Gresik," ungkap dia.

Menurut dia, sebelum dilakukan penyegelan bangunan, pihaknya sudah memberikan teguran. Namun, tidak ada respon dari pihak perusahaan tersebut. "Makanya kami lakukan penyegelan terhadap perusahaan tersebut dan sementara tidak kami izinkan untuk beroperasi," ungkap dia.

Sebelumnya, DPM-PTSP telah menghitung jumlah perusahaan yang tidak kunjung membayar IMB. Jumlahnya ada sekitar 14 perusahaan dengan nilai pendapatan mencapai Rp 19 miliar.

Kalau 14 perusahaan tersebut memenuhi kewajibannya sebelum melewati tahun 2018 maka target pendapatan sektor IMB bisa melebih target yang ditetapkan. Hingga November lalu pendapatan IMB masih berada di angka Rp 35 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 50 miliar. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia