Selasa, 26 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Katalog Elektronik Lokal Mulai Berjalan

13 Desember 2018, 12: 47: 14 WIB | editor : Wijayanto

RILEKS: Sejumlah peserta seminar Sidoarjo Procurement Expo and Conference di Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC).

RILEKS: Sejumlah peserta seminar Sidoarjo Procurement Expo and Conference di Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC). (ANNISA FIRDAUSI/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Lelang pengadaan barang dan jasa Pemkab Sidoarjo resmi dibuka, kemarin (12/12). Ditandai dengan kegiatan seminar Sidoarjo Procurement Expo and Conference yang digelar di Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC).  Pemkab menargetkan tahun depan seluruh pekerjaan lelang berjalan lancar.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, pembangunan daerah bergantung pada proses lelang barang dan jasa. Dalam tahapan tersebut seluruh kebutuhan disiapkan. Mulai dari kualitas bahan yang digunakan, jumlah, lokasi pekerjaan, sampai anggaran yang dibutuhkan.

Pria yang akrab disapa Abah Ipul itu menjelaskan, pihaknya sengaja memulai tahapan lelang di akhir tahun. Hal itu dilakukan untuk memberikan tambahan waktu bagi OPD menuntaskan program pembangunan. Terutama dinas teknis.

Hingga saat ini sudah ada enam paket lelang yang masuk LPSE. Selain lelang, pemkab juga membuka katalog elektronik lokal (KEL). Dengan sistem tersebut, pekerjaan pembangunan semakin cepat dan mudah. Kebutuhan material bisa segera dicukupi. Dinas tinggal melakukan pembelian dengan satu kali klik.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sanadjitu Sangadji mengatakan, katalog elektronik lokal sangat membantu pemkab. Fungsinya mempercepat pekerjaan.

Di sisi lain, KEL juga bertujuan meningkatkan perekonomian. Terutama bagi pengusaha. Penyedia yang masuk website KEL merupakan pengusaha asli Sidoarjo. Totalnya 17 penyedia dengan empat jenis barang dan jasa yang disediakan. Jasa Kebersihan, aspal, yudith (box culvert), dan paving.

Penyedia benar-benar diseleksi dengan memperhatikan kualitas barang. Selain itu kuantitas barang juga menjadi acuan. "Kualifikasi harus bagus," ujarnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia