Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Bikin Ricuh Saat Nonton Bola, Diganjar Penjara 5 Bulan

06 Desember 2018, 22: 54: 02 WIB | editor : Wijayanto

VONIS: Terdakwa Mat Sholeh di vonis 5 bulan penjara oleh majelis hakim PN Gresik.

VONIS: Terdakwa Mat Sholeh di vonis 5 bulan penjara oleh majelis hakim PN Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

GRESIK - Terbukti sebagai biang onar kericuhan pertandingan sepak bola antar kampung (Tarkam) di Bawean, Mat Sholeh alias Sole, 38,  divonis 5 bulan penjara.

Warga Dusun Tanjung Mulyo Desa Dekat Agung Kecamatan Sangkapura dinyatakan bersalah melanggar Pasal pasal 2 ayat (1) UU Darurat 12/1951. 

“Menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana tanpa izin membawa sajam. Terdakwa terbukti melanggar pasal 2 ayat (1) UU Darurat No. 12 tahun 1951. Menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 5 bulan,” ucap Ketua Majelis Hakim, I Putu Gde Hariadi dalam amar putusannya kemarin.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), Febrian Dirgantara yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 10 bulan.

Sebagai catatan, terdakwa membuat kerusahan dalam pertandingan sepak bola di Desa Tambak dengan membawa sajam.

Terdakwa tidak menyangka jika waktu terjadi kerusuhan saat nonton pertandingan sepak bola, dia sempat melempar botol kaca yang mengenai anggota polisi dari Polsek Tambak, Imam Subari.

Alhasil, ketika terdakwa diamankan, di dalam tasnya ada pisau dapur, sehingga terdakwa diamankan.

Peristiwa tersebut terjadi pada hari Sabtu 4 Agustus 2018, sekitar pukul 16. 00. Waktu itu ada ada pertandingan sepakbola antar klub.

Dalam pertandingan sepakbola tersebut terjadi suatu kericuhan yang disebabkan adanya pemain yang dilanggar oleh pemain lawan dan terjadi saling dorong di antara pemain.

Kemudan terdakwa melempar botol kaca yang mengenai saksi korban Imam Subari anggota polisi dari Polsek Tambak. Terdakwa lalu diamankan dan ditemukan pisau dapur di dalam tas terdakwa. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia