Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Polisi Kesulitan Tangkap Kurir Narkoba Lapas

06 Desember 2018, 12: 52: 21 WIB | editor : Wijayanto

DPO: Setelah meringkus ketiga pelaku, polisi kini memburu kurir bernama Hasan.

DPO: Setelah meringkus ketiga pelaku, polisi kini memburu kurir bernama Hasan. (DOK/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Polisi masih kesulitan mengembangkan dan menangkap kurir narkoba jaringan lapas. Salah satu pelaku Hasan yang saat ini buron, diduga terlibat dalam pengiriman ganja dan sabu-sabu (SS) ke Lapas Kelas II A Sidoarjo pada 25 November lalu.

Saat itu petugas lapas menangkap Ikhiyaul Anam, 30, warga Gempolsari RT 2/RW 1, Kecamatan Tanggulangin. Narapidana (napi) kasus pencurian tersebut tepergok membawa nasi dan lauk berisikan ganja dan SS. Kiriman makanan tersebut diduga berasal dari Hasan.

Kapolsek Sidoarjo Kompol Rocshulullah mengatakan, tidak ada identitas yang jelas terkait data pribadi Hasan. Napi di lapas pun mengaku juga tidak mengenal Hasan. “Saat diantar makanan Ikhiyaul baru kenal sekali,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut memotong alur rangkaian peredaran SS di lapas. Dengan sistem ranjau, kurir SS memilih seseorang untuk mengantarkan barang ke lapas. “Identitasnya tidak jelas kita masih kesulitan,” terangnya.

Meski demikian, polisi tidak tinggal diam. Proses penyelidikan masih terus dilakukan dengan menginterogasi dua terpidana lain di lapas yang juga terlibat jaringan peredaran narkoba. “Kita masih terus selidiki asal mula narkoba tersebut,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam bungkusan makanan yang diberikan ke napi ternyata menyimpan narkoba. Di dalamnya ada ikan mujaer, tetapi di bawahnya ada bungkuasan koran berisi ganja seberat 83,41 gram dan poket SS seberat 0,79 gram.

Narkoba tersebut awalnya diberikan ke napi Ikhiyaul. Selanjutnya akan diberikan ke M Rizal, 36, warga Jalan Sungai Kapuas Desa Krembung, Kecamatan Krembung serta Aris Munandar, 46, warga Desa Temu RT 5/RW 3 Kecamatan Prambon. Keduanya ditangkap polisi karena kasus narkoba. (son/vga)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia