Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Latih ASN Berdisplin, Gelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris

06 Desember 2018, 11: 33: 21 WIB | editor : Wijayanto

BERBARIS: Bupati Sambari Halim Radianto saat memberi aba-aba kepada regu baris berbaris salahsatu OPD Pemkab Gresik.

BERBARIS: Bupati Sambari Halim Radianto saat memberi aba-aba kepada regu baris berbaris salahsatu OPD Pemkab Gresik. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

GRESIK - Salah satu upaya menumbuhkan disiplin aparatur sipil negara (ASN) adalah dengan melatih sikap baris berbaris. Ini yang dilakukan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto saat membuka Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) di Kantor Bupati, kemarin.

PAGI itu di halaman Kantor Bupati Gresik diramaikan dengan kegiatan para ASN di lingkungan Pemkab Gresik sedang baris berbaris. Mereka tidak sedang latihan, namun sedang berlomba ketangkasan baris berbaris. Di balik kerumunan puluhan regu ASN, terlihat Bupati Sambari Halim Radianto dengan mengenakan jaket tactical warna gelap memberikan aba-aba.

Peserta LKBB yang diberi komando awalnya canggung dan bingung saat bupati memberi aba-aba maju jalan dan hadap kanan serta hadap kiri.

"Ini adalah bagian untuk membentuk jiwa nasionalisme dan kedisplinan para pegawai di Pemkab Gresik," kata Bupati Sambari Halim Radianto saat mengawasi peserta LKBB.

Tidak hanya memberi aba-aba, bupati pagi itu juga menjadi salah satu tim juri yang menilai para peserta lomba.

Dihadapan para peserta lomba, Sambari menuturkan,bahwa ketangkasan baris berbaris yang dilombakan tersebut, bukan semata-mata hanya mengayunkan gerakan kaki dan tangan saja. Namun juga untuk menumbuhkan rasa disiplin dan konsentrasi yang tinggi.

“Peserta yang tidak konsentrasi, sudah dipastikan salah gerakannya,” ujar Bupati Sambari di sela-sela memberikan aba-aba kepada salah satu OPD peserta lomba.

Masih menurut Bupati Gresik, LKBB ini juga akan menumbuhkan karakter kedisplinan  dan kekompakan tim karena akan menjadi hal sangat penting. “Kita tumbuhkan karakter kedisplinan. Tak hanya dalam lomba saja, namun harus diterapkan etos kerja para Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemkab Gresik. utamanya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” katanya.

Pimpinan OPD yang ikut baris-berbaris tak luput dari perhatian Bupati Sambari. Orang nomor satu di Kabupaten Gresik itu mengatakan, dia memberikan apresiasi bagi Kepala OPD yang turut serta dalam perlombaan bersama stafnya.

“Saya berikan nilai plus bagi kepala OPD yang ikut baris berbaris bersama para stafnya. Karena itu adalah salah satu bentuk kepedulian seorang pimpinan,” kata Bupati Sambari.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno mengatakan bahwa ini perlomban yang pertama kali dilakukan oleh Pemkab Gresik. Pesertanya terdiri dari 29 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Gresik.

“LKBB kali ini diikuti oleh 28 tim di masing-masing OPD di lingkup Pemkab Gresik dan 1 tim perwakilan Camat. 1 tim terdiri dari 31 orang,” pungkasnya. (*/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia