Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

BPJS Ketenagakerjaan Gelar Ngobras Industri Permudah Klaim JKK

05 Desember 2018, 16: 26: 07 WIB | editor : Wijayanto

NGOBRAS: Kegiatan ngobrol bareng industri yang digelar BPJS Ketenagakerjaan untuk mempelancar klaim JKK.

NGOBRAS: Kegiatan ngobrol bareng industri yang digelar BPJS Ketenagakerjaan untuk mempelancar klaim JKK. (DOK/RADAR GRESIK)

GRESIK - Untuk mempermudah penyampaian informasi terkait klaim dan solusi atas masalah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-Tk) Gresik menggelar acara Ngobras atau ngobrol bareng seru santai tuntas. Kegiatan itu digelar bersama pelaku industri peserta jaminan sosial.

Kali ini kegiatan mengangkat tema tentantg solusi memperlancar klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Acara yang dihadiri 50 industri dan perwakilan Pusat Layanan kecelakaan Kerja (PLKK) itu digelar Hotel Pesonna (04/12) kemarin.

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Dini Mulyani mengatakan, selama ini banyak persoalan yang dihadapi oleh peserta korban JKK sehingga pencairan klaimnya tertunda. Padahal sesuai dengan ketentuan pencairan klaim JKK maksimal hanya 7 hari setelah berkas diserahkan secara lengkap.

“Dari Forum Grup Discussion (FGD, Red) kali ini dibahas tentang lambatnya pencairan JKK. Itu terjadi karena industri yang akan mencairkan klaimnya belum bisa memenuhi proses administrasi seperti yang disyaratkan,” kata Dini.

Dijelaskan, salahsatu faktornya adalah data absensi pegawai. Nah, apabila berkas ini belum bisa dipenuhi maka pencairan klaim belum dapat dilaksanakan. Secara otomatis hal ini juga berdampak pada molornya pembayaran tagihan ke rumah sakit.(fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia