Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Palu Perceraian Segera Diketuk, Eh Donwori Diterima Jadi PNS

04 Desember 2018, 01: 32: 58 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Bagi sebagian besar orang, menjadi PNS masih jadi pekerjaan idaman. Dengan pemikiran, jadi PNS pasti akan disayang istri dan mertua. Sayangnya, untuk lulus CPNS tidaklah mudah. Butuh berkali-kali mencoba. Seperti Donwori, 27, ini. Yang baru diterima jadi PNS setelah ditinggal pergi istri dengan yang lain.

Ismaul Choiriyah-Wartawan Radar Surabaya

Donwori mengaku menyesal dengan keputusannya untuk menikah muda. Ia nekat menikahi Karin setelah lulus kuliah. Pikirnya saat itu karena kadung cinta, buat apa ditunda-tunda. Rupanya, sikap gegabah ini memicu masalah. 

Pemicu utamanya adalah masalah ekonomi. Seperti kebanyakan fresh graduate, Donwori belum punya penghasilan layak. Ia safari dari perusahaan satu ke perusahaan lain untuk mengirim lamaran. Namun sayang, berkas lamarannya tak kunjung diterima. Karena dapur harus terus mengepul, akhirnya ia pun menjajal pekerjaan sekenanya.  Menjadi sales mobil. Betah lagi hingga bertahan bertahun lamanya.

Dari pekerjaan ini, akhirnya Donwori punya pemasukan untuk diberikan kepada istri. Namun sayang beribu sayang, rupanya Karin tak terima dengan pekerjaan Donwori. "Lulusan kampus ternama, ujung-ujunge dadi sales. Yo mending gak usah kuliah," cerita Donwori menirukan kata-kata Karin yang menyayat hati kepadanya. 

Berbeda nasib dengan Donwori, begitu lulus, Karin langsung diterima di perusahaan swasta idamannya. Dari sini, perlakuan Karin pada Donwori makin semena-mena. Selama lima tahun menikah itu, tiada hari yang mereka lewati tanpa bertengkar. "Dia terus-terusan minta aku ganti kerjaan. Katanya malu punya suami sales. Lha dipikir golek kerjaan mudah," curhatnya lagi. 

Prahara rumah tangga gara-gara ekonomi ini tak berhenti sampai di sini saja. Karin kemudian menggugat cerai Donwori. Alasannya, ia sudah tak tahan hidup susah. Karin juga makin menabur garam di luka Donwori dengan mengatakan sudah punya kekasih lain. 

Meski belum bisa menerima, ajakan bercerai ini tidak mengagetkan bagi Donwori. Karena setiap pertengkaran, Karin selalu berkoar-koar minta cerai. Dan ndilalah, yang ini beneran. "Dia bilang sudah tak kuat dan malu jadi istri saya," ujar Donwori lemas.

Namun sepertinya, setelah digugat, Donwori mendapatkan ilham. Ia yang dulunya memang anti kemapanan, berpikir kalau menjadi PNS adalah pekerjaan generasi old, mulai daftar CPNS. Donwori pun bersaing melawan ribuan pelamar kerja itu. Eh ndilalah, kok diterima. Donwori berhasil menempati satu formasi CPNS di luar pulau. 

Apakah Donwori senang? Tentu saja. Akhirnya ia bisa membuktikan pada Karin kalau bukan pria letoy yang tak mampu cari kerja. Meski sudah sangat terlambat. "Paling tidak dia nyesel wes ninggal cerai. Ini lho, aku wes keterima PNS," pungkas pria asal Bulak Banteng ini, penuh kemantaban. (*'/opi) 

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia