Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Persebaya Sulit Tembus Lima Besar

04 Desember 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

LAYAK: Otavio Dutra (kiri) layak dipertahankan Persebaya untuk menjalani kompetisi musim depan.

LAYAK: Otavio Dutra (kiri) layak dipertahankan Persebaya untuk menjalani kompetisi musim depan. (Liga Indonesia)

Surabaya - Persebaya masih menyisakan satu laga lagi kompetisi Liga 1, dengan menjamu PSIS Semarang, Sabtu (8/12).  Persebaya bisa masuk ke lima besar jika mereka memenangkan pertandingan itu. Namun mereka juga harus berharap Borneo FC kalah saat menjamu PS TIRA, Minggu (9/12) di Stadion Segiri Samarinda.

Akan tetapi, jika Persebaya ditahan imbang PSIS, maka posisi mereka di peringkat keenam akan terancam. Persebaya masih bisa tergusur oleh Arema FC, Barito Putera, PSIS, Bali United dan Madura United.

Kekalahan telak di Medan membuat Persebaya Surabaya semakin sulit untuk menembus posisi lima besar. Persebaya besar kemungkinan akan finis di bawah peringkat kelima, namun tetap di sepuluh besar.

Persebaya sebenarnya memiliki peluang untuk menggeser Borneo FC sebagai penghuni posisi kelima. Sebab, Borneo FC kalah dari Barito Putera pada pekan ke-33 kemarin. Sayang Persebaya membuang jauh-jauh kesempatan itu.

Persebaya yang hanya menghadapi tim papan bawah PSMS Medan, justru menelan kekalahan memalukan. Mereka tumbang empat gol tanpa balas di Stadion Teladan. Ini adalah kekalahan terbesar Persebaya musim ini.

Kekalahan itu membuat Persebaya tak beranjak dari peringkat keenam. Mereka mengumpulkan 47 poin dari 33 pertandingan. Persebaya menyisakan satu partai pamungkas melawan PSIS Semarang, Sabtu (8/12) sore.

Sementara itu, manajemen Persebaya ingin mempertahankan Djadjang Nurdjaman dan Bejo Sugiantoro sebagai pelatih kepala dan asisten pelatih. Kesepakatan lisan sudah tercapai, kedua pihak tinggal menandatangani kontrak baru untuk musim depan.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, mengungkapkan ia segera berdiskusi dengan Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurdjaman, perihal penentuan skuat musim depan. Tak lupa, dia juga ingin ada masukan dari Bejo.

"Soal penentuan pemain, kami perlu berkomunikasi dengan tim pelatih. Pasti akan ada rekomendasi siapa yang harus dipertahankan dan dilepas. Kami akan melihat kebutuhan tim seperti apa. Termasuk, pemain dari luar yang harus diburu untuk memperkuat Persebaya musim depan," jelas Candra.

Sejauh ini belum ada pembicaraan serius antara jajaran pelatih dan manajemen untuk hal ini. Kedua pihak berdiskusi sebelum akhirnya bergerak untuk melepas dan mendatangkan pemain.

Setelah musim berakhir, Candra ingin melakukan evaluasi terhadap skuad Persebaya terlebih dulu. Dia ingin melihat rapor pemain untuk menjadi acuan dan mendengar permintaan dari tim pelatih.(sam/saf/jpc/rak)

(sb/sam/jek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia