Rabu, 12 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Bawaslu Segera Tertibkan APK di Mobil dan Angkot

28 November 2018, 14: 35: 20 WIB | editor : Wijayanto

Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid

Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sidoarjo dalam waktu dekat akan menindak tegas pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK). Terutama yang dipasang di kendaraan pribadi dan angkot.

Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satlantas Polresta Sidoarjo terkait pemasangan APK di kendaraan. Koordinasi itu dilakukan agar APK dipasang seusai aturan resmi. “Kita akan tindak karena itu melanggar aturan,” katanya, Selasa (27/11).

Dia mengakui sudah banyak laporan yang masuk ke Bawaslu terakit pelanggaran pemasangan APK. Salah satunya APK yang dipasang di kendaraan maupun angkot. Untuk mencegah pemasangan APK yang melanggar lebih banyak, maka penindakan akan segera dilakukan. “Kami masih akan koordinasi dan segera terjun ke lapangan,” ujarnya.

Menurut Haidar, APK yang diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus dipasang sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia berharap, dengan penindakan tersebut, APK tidak berserakan dan dipasang sesuai dengan keinginan dari caleg maupun partai politik. “Biar tertata dan tidak ada yang dirugikan,” jelasnya.

Sampai saat ini, Haidar menambahkan, masih banyak angkot yang memasang APK caleg maupun parpol dan capres di kaca belakang. Padahal, kampanye berjalan tersebut dilarang. Juga membahayakan sopir serta pengguna jalan lain. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia