Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Sidoarjo
Harpi Melati Perkenalkan Pengantin Jenggolo

Diadopsi dari Tradisi Kerajaan di Sidoarjo

19 November 2018, 16: 26: 45 WIB | editor : Wijayanto

KHAS DELTA: Rias pengantin Putri Jenggolo terus dikenalkan kepada masyarakat.

KHAS DELTA: Rias pengantin Putri Jenggolo terus dikenalkan kepada masyarakat. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Tradisi pengantin Jenggolo ternyata kurang populer di Kota Delta sendiri. Sebagian besar warga Sidoarjo justru lebih suka menggunakan gaya pengantin dari daerah lain.

Tradisi pengantin Putri Jenggolo yang merupakan budaya asli Sidoarjo sudah dipatenkan sejak 2006. Sayang, belum ada sosialisasi dan promosi yang masih. “Pengantin Jenggolo memiliki keunggulan,” kata Ketua DPC Himpunan Ahli Rias Pengantin (Harpi) Melati Sidoarjo Nasucha, Minggu (18/11).

Nasucha berharap, pemkab membuat surat edaran agar setiap pejabat wajib menggunakan tata rias pengantin Jenggolo saat mengadakan acara pernikahan. Hal tersebut sudah dilakukan kabupaten/kota lain dalam memperkenalkan dan menjaga budaya daerahnya masing-masing. “Di Sidoarjo kenapa tidak? Promosi harus dilakukan,” katanya.

Menurut dia, perkembangan zaman diharapkan tidak menggerus budaya pengantin Jenggolo di Kabupaten Sidoarjo. Tata rias Jenggolo harus terus dijaga agar tidak tergeser budaya asing. “Pameran dan segala bentuk kegiatan untuk menjaga budaya pengantin Jenggolo terus kita lakukan,” ujarnya.

Nasucha menambahkan, busana maupun tata cara pengantin Jenggolo bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Namun, tidak boleh mengubah ciri khas pengantin Jenggolo.

Sejak dulu Nasucha memang salah satu ahli rias di Sidoarjo yang konsisten mengangkat rias pengantin Putri Jenggolo. Saat banyak yang memilih model modern atau tata rias pengantin dari daerah lain, Nasucha tetap menawarkan model rias Putri Jenggolo kepada setiap calon pengantin.

“Tata rias Putri Jenggolo tidak kalah bagus dengan yang lain,” ungkap pemilik sanggar rias pengantin miliknya di kawasan Krian itu. Dia menerangkan, pengantin Putri Jenggolo memiliki banyak keunikan yang sangat khas dengan sejarah Kerajaan Jenggolo di Sidoarjo. Selain tata riasnya, kata Nasucha, yang khas adalah upacara adat khas Jenggolo. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia