Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Lewat Start Up, Risma Dorong Anak Muda Ciptakan Pekerjaan

17 November 2018, 14: 17: 21 WIB | editor : Wijayanto

SALING BERGANDENGAN: Dari kiri, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Presiden GEN Global Jonathan Ortman fokus memacu terobosan di bidang kewirausahaan melalui Startup Nations Summit.

SALING BERGANDENGAN: Dari kiri, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Presiden GEN Global Jonathan Ortman fokus memacu terobosan di bidang kewirausahaan melalui Startup Nations Summit. (HUMAS PEMKOT)

SURABAYA - Forum startup dunia bernama Startup Nations Summit (SNS) resmi dibuka di Kota Surabaya, Jumat (16/11). Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI Triawan Munaf didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Presiden Global Enterpreneurship Network (GEN) Global Jonathan Ortman.

Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh dua atlet panahan Surabaya yang memanah balon hingga terbukalah banner bertuliskan “Welcome to Surabaya” dan “Startup Nations Summit Surabaya 2018”.

Risma, sapaan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan, terpilihnya Surabaya sebagai tuan rumah SNS melalui proses yang panjang. Ia mengaku sengaja ngotot menjadi tuan rumah SNS karena ingin menyadarkan anak-anak Surabaya bahwa dunia sudah berubah.

“Anak-anak Surabaya tidak perlu mencari dan menunggu lowongan pekerjaan, tapi sudah saatnya untuk bisa menciptakan pekerjaan sendiri,” kata Risma.

Selain itu, ia menjelaskan, penduduk Surabaya terdiri dari 40 persen usia muda, sehingga dia ingin anak-anak Surabaya dan anak-anak lain di Indonesia bergerak mengikuti perubahan itu.

“Makanya, saya buat acara selama sekitar satu minggu dengan menggandeng SNS, Bekraf dan juga menggelar acara Inno Creativation untuk membuat shock, sehingga anak muda yang berjiwa pengusaha dan sedang merintis usaha, bisa bergerak dan berani mengambil keputusan,” tegasnya.

Risma berharap akan ada banyak pemikiran-pemikiran baru yang muncul dari SNS kali ini. Dengan demikian, dunia kewirausahaan akan mengalami terobosan, sehingga akan muncul bibit-bibit baru dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan.

Presiden Global Enterpreneurship Network (GEN) Global Jonathan Ortman mengatakan, Startup Nations Summit adalah pertemuan tingkat global yang menghadirkan menteri dan pejabat pemerintahan. Nantinya, mereka akan membahas bagaimana menciptakan peluang kerja bagi kota dan negaranya masing-masing.

Jonathan mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dengan Surabaya yang memiliki wali kota yang sangat luar biasa dan menjadi contoh dalam dunia global dan kewirausahaan. Bahkan, ia menilai Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia memiliki banyak keunggulan.

Sementara itu, Kepala Bekraf RI Triawan Munaf sangat mengapresiasi digelarnya SNS di Surabaya. Sebab melalui acara ini, pihaknya akan mendapat landasan penting dalam membuat kebijakan demi kemajuan dunia startup dan industri kreatif di Indonesia. (bae/nur)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia