Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Banyak Tak Lulus Tes CPNS, BKD Jatim Usulkan Penurunan Passing Grade

16 November 2018, 09: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

SERIUS: Peserta mengerjakan soal saat tes Calon Pegawai Negeri Sipil di Gelanggang Remaja, Surabaya.

SERIUS: Peserta mengerjakan soal saat tes Calon Pegawai Negeri Sipil di Gelanggang Remaja, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur (BKD Jatim) berencana menggelar rapat dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk membahas passing grade dalam tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dianggap terlalu tinggi. Akibatnya, banyak peserta tes seleksi CPNS kali ini yang tidak lulus. 

Kepala BKD Provinsi Jatim Anom Surahno mengatakan, hingga saat ini yang lolos passing grade hanya 5,31 persen dari 53 ribu pendaftar. Jadi yang lulus hanya 1.306 peserta dari 2.065 formasi yang dibutuhkan. "Jadi besok (hari ini, Red) kami akan bertemu dengan kepala BKN di Surabaya untuk membahas skema penurunan passing grade. Karena keputusannya bukan ada di panitia tapi Kementerian," ujarnya, Kamis (15/11).

Anom mengatakan, kalau passing grade saat ini untuk Tes Karakter Pribadi (TKP) jumlahnya 143, Tes Intelejensia Umum (TIU) nilainya 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) senilai 75. Anom berharap dari tes CPNS ini passing grade bisa diturunkan sekitar 2,5 atau 3 poin. "Baru kita bisa menentukan 3 kali formasi yang dites kembali untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kalau usulan ini diterima akan langsung diterapkan, maka akan langsung kita umumkan tanggal 22-23 November," jelasnya.

Menurut Anom, kebanyakan peserta tidak lolos pada tes karakter pribadi. Hal ini karena passing grade-nya yang terlalu tinggi. "Kalau saja passing grade-nya turun menjadi 140, dipastikan banyak yang lulus," ujarnya. (mus/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia