Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Peringati Hari Pahlawan, Kota Tua Dipercantik

Jumat, 09 Nov 2018 17:30 | editor : Wijayanto

BERSOLEK: Beberapa pekerja membersihkan dan mengecat rumah abu Han Bwee Koo di Jalan Karet.

BERSOLEK: Beberapa pekerja membersihkan dan mengecat rumah abu Han Bwee Koo di Jalan Karet. (WIJAYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Beberapa pekerja tampak membersihkan rumah abu Han Bwee Koo di Jalan Karet No 62, Jumat (9/11) siang. Bangunan yang tampak berdebu dan usang itu tampak bersolek. Ada yang sedang mengecat temboknya dengan warna putih, ada yang membersihkan pintu ukir jatinya, ada pula yang sedang menyemen lantai depannya agak tampak kinclong.

Sejak didirikan pada awal abad ke-18, bangunan berusia lebih dari 200 tahun yang dibangun oleh marga Han yang kali pertama datang ke Indonesia (di Lasem, Jawa Tengah) pada tahun 1673 itu memang jarang mendapatkan perhatian.

Namun menjelang peringatan Hari Pahlawan pada 10 November besok, sejumlah bangunan kuno di kawasan Surabaya Utara memang sengaja dibersihkan. Pembersihan ini dilakukan sebagai awal upaya pemkot untuk mempercantik kawasan heritage.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, kegiatan pengecatan kawasan heritage merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pahlawan 10 November.

“Sesuai program, nanti ada penataan kota lama yang akan dijadikan destinasi wisata baru dengan pengecatan bangunan-bangunan kuno,” terang Antiek, Jumat (9/11).

Acara peresmian dimulainya pengecetan tersebut rencananya akan dilakukan Sabtu (10/11) sore. Setelah upacara di Balai Kota, dilanjutkan dengan peresmian Museum WR Soepratman dan pengacatan bersama kawasan heritage Surabaya.

Rencananya, acara ini akan dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.  “Nanti bisa warna-warni (catnya) di Jalan Panggung, Jalan Karet, dan sekitar Jalan Kembang Jepun,” ungkap Antiek. (bae/jay)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia