Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sekarang, Bikin SIM Bisa Bayar Non-Tunai

Inovasi Satlantas Polrestabes Surabaya

Jumat, 09 Nov 2018 05:05 | editor : Wijayanto

LEBIH MUDAH: Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia (kanan) menerangkan kepada pengurus SIM tentang tata cara pembayaran menggunakan e-money di Satpas Colombo, Surabaya.

LEBIH MUDAH: Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia (kanan) menerangkan kepada pengurus SIM tentang tata cara pembayaran menggunakan e-money di Satpas Colombo, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Satlantas Polrestabes Surabaya terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu yang terbaru adalah menyediakan layanan pembayaran cashless atau non tunai untuk pembuatan dan perpanjangan suat izin mengemudi (SIM).

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, untuk layanan pembayaran non tunai tersebut, pihaknya sudah menggandeng sejumlah stakeholder untuk menunjang layanan tersebut. Semuanya digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan SIM.

"Jadi warga yang akan melakukan pembayaran tinggal mengunduh aplikator penyedia payment elektronik," terangnya.

Secara teknis, para penyedia jasa aplikasi pembayaran non tunai tersebut menyediakan semacam barcode. Setelah itu, warga tinggal menscan sesuai aplikasi yang ia punya. Setelah itu, secara otomatis pemohon sim bisa langsung menuliskan nominal uang yang wajib dibayarkan sesuai dengan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang berlaku.

"Jika punya aplikasi pembayaran itu, warga tinggal mentop up uang elektroniknya. Lalu di-scan ke barcode yang kami sediakan," ujarnya.

Pandia mengatakan, selain memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, inovasi ini juga diklaim bisa menekan kecurangan yang terjadi seperti praktik percaloan dan oknum polisi nakal. Sebab sistemnya terus diperketat.

Tak hanya itu, pembayaran dengan uang elektronik nantinya bisa dilakukan di semua layanan pembayaran SIM di seluruh wilayah di Polrestabes Surabaya. Rencananya tak hanya pembayaran biaya pembuatan SIM saja, sistem ini akan digunakan juga untuk pembayaran biaya pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). (yua/jay)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia