Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Ini 10 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh jika Kurang Minum

Kamis, 08 Nov 2018 16:36 | editor : Wijayanto

BUTUH LIPBALM: Kekurangan air membuat beberapa bagian tubuh Anda mengalami hal buruk. Misalnya mulut terasa kering.

BUTUH LIPBALM: Kekurangan air membuat beberapa bagian tubuh Anda mengalami hal buruk. Misalnya mulut terasa kering. (THEDAILYMEAL)

Sulit untuk menentukan berapa banyak air minum yang Anda butuhkan setiap hari. Para profesional kesehatan memiliki pendapat yang berbeda. Jumlah air minum yang dibutuhkan tubuh Anda dapat naik atau turun, tergantung pada semua jenis variabel. Peningkatan aktivitas fisik, misalnya, meningkatkan kebutuhan Anda terhadap air minum. Makanan asin bisa membuat tubuh Anda butuh lebih banyak air minum.

Tetapi, bagaimana cara Anda tahu jika tubuh tidak cukup minum? Ada beberapa tanda yang jelas. Haus, misalnya, adalah isyarat yang cukup bisa diandalkan. Jika Anda haus, itu pertanda Anda sudah mengalami dehidrasi sebagian. Namun setelah melewati tanda yang jelas itu, tubuh Anda mencoba merengek agar Anda terhidrasi dengan gejala lain yang lebih halus.

Semakin Anda mengalami dehidrasi, gejala akan mulai menumpuk. Tubuh Anda membutuhkan air minum agar organ-organ berfungsi dengan baik. Semakin sedikit air yang dimiliki tubuh, semakin keras organ tubuh berjuang hanya untuk melakukan fungsi dasar.

Efeknya sebenarnya bisa lebih menyakitkan dan tidak nyaman daripada yang Anda bayangkan. Dilansir dari lama thedailymeal, Rabu (7/11), ini adalah 10 kondisi dari banyak hal yang dapat terjadi pada tubuh Anda jika Anda tidak minum cukup air.

1. Mulut akan terasa kering

Ini akan menjadi petunjuk pertama bahwa Anda membutuhkan air. Mungkin terlihat jelas, tetapi beberapa orang mencoba untuk mengatasi perasaan kering-mulut ini dengan menenggak minuman ringan atau meminum jus buah. Meskipun  mengandung air, minuman ini tidak melembabkan.

2. Mulai merasa lelah

Setelah tidur lebih dari cukup, kadang kita masih merasa lelah. Apa yang sedang terjadi? Dehidrasi adalah penyebab yang mungkin. Tanpa air yang cukup, proses tubuh Anda akan mulai melambat. Dehidrasi dapat menguras energi langsung dari Anda. Minumlah segelas tinggi air dan lihat apakah Anda mulai merasa lebih segar.

3. Sakit kepala

Jika terlalu lama tanpa minum, Anda bisa sakit kepala yang parah. Tanpa air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sel-sel, otak Anda sebenarnya dapat menyusut dan kehilangan cairan. Saat otak menjauh dari tengkorak, Anda akan merasakan sakit kepala yang kuat dan terus-menerus.

4.Jarang buang air kecil

Tanda yang mudah dilihat bahwa Anda mengalami dehidrasi adalah warna urin.  Jika kencing berwarna lebih gelap dari biasanya, ini adalah indikasi yang jelas bahwa Anda membutuhkan lebih banyak air.

5. Bikin mudah marah

Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat memengaruhi suasana hati Anda secara signifikan. Penelitian lain menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi ringan menyebabkan wanita yang sehat melaporkan suasana hati yang lebih buruk dan kesulitan yang lebih besar dalam menyelesaikan tugas.

6. Sulit untuk fokus

Dua penelitian yang sama juga menyelidiki efek dehidrasi pada kemampuan seseorang untuk berpikir jernih. Dehidrasi tidak membantu kejernihan mental. Sebaliknya, itu membuat beberapa hal menjadi kabur. Jadi sebelum mengikuti ujian atau persiapan untuk rapat besar di tempat kerja, pastikan Anda memiliki botol air yang praktis. Isi dan teguk sesering mungki .

7. Ingatan terganggu

Karena kurang minum, mungkin Anda akan meninggalkan kunci di meja dapur atau mungkin Anda tidak dapat mengingat tugas yang diberikan bos. Informasi apa pun yang dilemparkan kepada Anda,  Anda cenderung tidak mengingatnya.

8. Pernapasan dan detak jantung bisa lebih cepat dari biasanya

Ketika kehilangan cairan, tubuh Anda harus meminjam dari sumber air yang tersedia: darah. Akhirnya jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Ujung-ujungnya tubuh butuh lebih banyak oksigen, menghasilkan detak jantung dan pernapasan lebih cepat.

9. Kulit mengering

Dehidrasi kronis adalah penyebab kulit kering. Sebab, sifat air salah satunya adalah melembabkan tubuh.

10. Sembelit

Air sangat penting untuk menjaga semuanya bergerak dengan lancar di sistem pencernaan Anda. Tanpa itu, Anda bisa kesulitan buang air besar. (opi/jay)

(sb/opi/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia