Minggu, 18 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Suka Warna Biru, Syifa Juarai Lomba Menulis di Radar Surabaya

Rabu, 07 Nov 2018 17:02 | editor : Wijayanto

FOTO BERSAMA: Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro (tengah) bersama para pemenang dan perwakilan guru pendamping dari SD Muhammadiyah.

FOTO BERSAMA: Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro (tengah) bersama para pemenang dan perwakilan guru pendamping dari SD Muhammadiyah. (CHAIRUL AGUNG/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Ketrampilan jurnalistik diajarkan kepada siswa tidak hanya untuk mengenali berita yang benar dan informasi hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Lebih jauh, ketrampilan jurnalistik mengajarkan siswa untuk memiliki kemampuan menulis dan hobi membaca.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Radar Surabaya Lilik Widyantoro saat menutup Workshop Jurnalistik sekaligus Lomba Menulis Tingkat SD Muhammadiyah se-Kota Surabaya, Rabu (7/11). Acara ini atas kerja sama harian Radar Surabaya dengan paguyuban SD Muhammadiyah se-Surabaya.

Dari lomba yang digelar selama dua hari pada 26 dan 31 Oktober 2018 itu, terpilih enam siswa dari enam SD Muhammadiyah yang menjadi juara 1-3 dan harapan 1-3. Penganugerahan piala kepada pemenang dilakukan oleh perwakilan dari Radar Surabaya dan SD Muhammadiyah.

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang. Semoga dengan kegiatan ini, kalian bisa menjadi virus yang baik untuk menularkan ilmu menulis kepada teman-teman yang lain,” kata Lilik sebelum memberikan piala kepada pemenang.

Sementara Wijayanto sebagai pemateri dalam acara tersebut menyampaikan bahwa dengan memiliki ketrampilan menulis tak semata harus jadi wartawan. “Kalian bisa jadi apa saja. Ketrampilan menulis itu nanti akan bermanfaat kelak jika kalian sudah dewasa,” katanya.

Sedangkan Galih mewakili SD Muhammadiyah mengaku berterima kasih diberikan kesempatan oleh Radar Surabaya untuk anak-anak belajar ilmu jurnalistik sekaligus mengetahui cara membuat koran.

“Semoga ke depan, kita bisa menjalin kerja sama lagi dengan pihak Radar (Surabaya). Kami siap bekerja sama dalam berbagai bentuk untuk meningkatkan ketrampilan anak-anak,” katanya.

Terpilih sebagai juara dalam Lomba Menulis Tingkat SD Muhammadiyah (SDM) se-Surabaya ini adalah Syifa (SDM 22/juara I), Eva Alexandra (SDM 26/juara II), Aura Kebenaran Purwanto (SDM 8/juara III), Rahmaria Qania (SDM 11/juara harapan I), Ghassani Hasyimatul Qadisah (SDM 4/juara harapan II) dan Kayla (SDM 24/juara harapan III).

Tulisan Syifa terpilih sebagai juara karena secara detil menceritakan kunjungannya ke kantor Radar Surabaya di Jalan Kembang Jepun dan kesukaannya akan ilmu jurnalistik. Ia menyebut warna kebesaran Radar Surabaya yang serba biru adalah warna kesukaannya dan sama dengan warna kebesaran Muhammadiyah. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia